• KANAL BERITA

Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Wajib Turun ke Sawah

BLORA, suaramerdeka.com - Dalam mendukung ketahanan pangan, jajaran Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0721/Blora "wajib" turun ke sawah membantu para petani di wilayah desa binaannya masing-maasing. Apalagi saat ini sebagian besar petani di Blora tengah melakukan tanam padi MT 1.

''Banyak hal yang dilakukan Babinsa untuk membantu warga. Disaat tanam padi MT 1 seperti saat ini "wajib" hukumnya bagi Babinsa untuk ikut turun ke sawah membantu petani mengolah lahan dan menanam padi,'' jelas Kepala Penerang Kodim (Kapendim) 0721/Blora, Lettu Sumarno, kemarin.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 05/Cepu, Serda Riyanto yang melakukan pendampingan sekaligus membantu menyiang tanaman padi di lahan seluas 0,5 Ha, milik Sajak, anggota Klomtan "Tani jaya", kelurahan Karangboyo, Cepu.

Booking Hotel Murah dan Diskon Menarik, Cek di Sini

Menurut serda Riyanto, pihaknya sudah sangat paham bahwa tujuan penyiangan tanaman padi tersebut diantarnaya untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara antara tanaman utama dan gulma, mengurangi hambatan produksi anakan.

''Kakmi sudah terbiasa turun ke sawah untuk membantu beberapa kegiatan petnai sehingga otomatis hafal,'' jelasnya.

Hal serupa juga dilakukan Babinsa Desa Ngroto, Koramil 05/Cepu, Serma Siswanto. Ia melakukan pendampingan membantu petani melakukan penyiangan tanaman padi di sawah milik Supar, anggota Klomtan "Sido Makmur" desa setempat.

Sementara itu, Babinsa Desa Pilang Koramil 09/Randublatung, Serda Srinardi, kemarin melaksanakan pendampingan pemupukan tanaman padi milik Sumarno, anggota Klomtan  "Margo Tani". Di lahan itu ditanami paadi jenis Cihereng.

Upaya para Babinsa yang melakukan pendampingan tersebut disambut baik oleh para petani. Menurut Ketua Kolomtan  "Margo Tani", Sunar, para petani sangat terbantu dengan pendapmpingan yang dilakukan oleh Babinsa, baik di tataran penyiapan lahan, tanam dan perawatan.


(Urip Daryanto/CN39/SM Network)