• KANAL BERITA

Jalan A Yani Comal Banjir

TERENDAM AIR: Jalan Ahmad Yani yang terendam air hujan akibat saluran buangan tak mampu mengalirkan dengan cepat. (Foto: suaramerdeka.com/Saiful Bachri)
TERENDAM AIR: Jalan Ahmad Yani yang terendam air hujan akibat saluran buangan tak mampu mengalirkan dengan cepat. (Foto: suaramerdeka.com/Saiful Bachri)

PEMALANG, suaramerdeka.com - Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Comal, Pemalang banjir akibat saluran air tak mampu menampung curah hujan, Kamis sore (17/1). Ketinggian air itu hingga merendam roda kendaraan sepeda motor.

Kabid Kawasan Permukiman Disperkim Pemalang Supriyanto membenarkan luapan air hujan yang tidak lancar mengalir di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Comal. Akibat saluran buangan tidak mampu menampung curah hujan tinggi, namun tidak berlangsung lama.

''Penyebab banjir di Jalan Ahmad Yani itu karena beberapa faktor, terutama saluran yang tidak mampu menampung dan curah hujan tinggi,'' ujar Supriyanto.

Kondisi drainase di Jalan Ahmad Yani Comal sebenarnya sudah dilakukan perbaikan beberapa waktu lalu. Namun karena lubang-lubang buangan di bawah trotoar kecil, air tidak bisa mengalir cepat. Sementara saluran buang di sebelah ujung, berbatasan dengan jalur pantura tersumbat sampah dan kabel-kabel.

Solusinya perlu lagi dibuat saluran buang yang lebih besar, sehingga air tidak sampai meluber ke jalan raya.

Sementara itu Kapolsek Comal AKP Tarhim yang memantau saat kejadian itu mengatakan, penyebab banjir akibat pembangunan ruko di sebelah barat sepanjang Jalan Ahmad Yani, lantaran menutup tersier/saluran buang selebar 2,5 meter.


(Saiful Bachri/CN41/SM Network)