• KANAL BERITA

"Peta Perjuangan" Antar M Arbi Juara Lomba Baca Sajak

Dr Lintang Ratri Rahmiaji, ketua juri memberikan hadiah kepada M Arbi juara I LBS-PBS seleksi Kabupaten Semarang. (suaramerdeka.com/Dok)
Dr Lintang Ratri Rahmiaji, ketua juri memberikan hadiah kepada M Arbi juara I LBS-PBS seleksi Kabupaten Semarang. (suaramerdeka.com/Dok)

UNGARAN, suaramerdeka.com - "Peta Perjuangan" sebuah puisi karya Bambang Sadono menjadi puisi favorit pilihan peserta pada acara Lomba Baca Sajak Piala Bambang Sadono (LBS-PBS) 2018/2019 yang digelar pada Sabtu (12/1) untuk seleksi Kabupaten Semarang.

Puisi itu mengalahkan puisi lain yang selama penyelenggaraan LBS di beberapa kota di Jawa Tengah di sepanjang 2018 kemarin juga menjadi favorit peserta yakni "Sumpah Setyaki".

"Peta Perjuangan" itu pulalah yang mengantar M Arbi menjadi juara pertama untuk babak seleksi, sehingga ia berhak mengikuti final LBS-PBS di Kota Semarang awal Pebruari 2019. Juara lain yakni Farida Erianingsih (II), Bagus Prasetya (III), Indana Maulana, Finakinah Diana dan Nur Lintang (masing sebagai juara harapan I, II, III). 

Menurut Tirta Nursari, ketua pelaksana lomba seleksi Kabupaten Semarang, proses pencarian calon peserta berlangsung dramatis, "Karena di sini tidak ada kantung sastra, saya khawatir tidak ada peserta, sehingga kami kerja keras. Dan alhamdulillah akhirnya peserta lebih dari 60 orang," kata pegiat literasi dan pengelola TBM Warung Pasinaon Bergas Lor ini ditemui di Gedung PAUD-Diknas Ungaran.  

Pada LBS-PBS 2018/2019 peserta diwajibkan membacakan salah satu puisi dari buku kumpulan puisi "Sumpah Setyaki" karya Bambang Sadono.

Sejak putaran pertama awal Januari 2018 lalu penjurian melibatkan sejumlah pelaku sastra dan jurnalis seperti Najib Kertapati Z, Budi Maryono, Handry TM, Agoes Dhewa, Mukti Sutarman SP, Bambang Iss, Dyah Setiawati, Bambang Eko dan Thomas H. Dari beberapa kabupaten/kota yang telah menyeleksi juara, masih ada tiga kota lagi yakni Jepara, Boyolali dan Pekalongan.


(Bambang Isti/CN39/SM Network)