• KANAL BERITA

Yayasan Tjie Lam Tjay Gelar Doa Po Un untuk Keselamatan Umat dan Bangsa

Umat Tri Dharma mengikuti sembahyang Po Un di Yayasan Tjie Lam Tjay jalan Gang Lombok Semarang, Sabtu (12/1). (Foto: suaramerdeka.com/Cun Cahya)
Umat Tri Dharma mengikuti sembahyang Po Un di Yayasan Tjie Lam Tjay jalan Gang Lombok Semarang, Sabtu (12/1). (Foto: suaramerdeka.com/Cun Cahya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Yayasan Tjie Lam Tjay yang berada di Gang Lombok Semarang setiap tahunnya dalam menyambut tahun baru Imlek menyelenggarakan sembahyang Po Un.

Po Un merupakan tradisi sejak ribuan tahun silam yang telah dijalani orang-orang Tionghoa yang bertujuan agar dalam satu tahun ke depan diberikan keberkahan, keselamatan, keberuntungan, perlindungan serta kebahagian pada tahun Imlek shio Babi Tanah ini.

"Tadi sudah berdoa ke Budha mohon dilindungi keberkahan kesehatan dan dijauhkan dari malapetaka, juga termasuk untuk keselamatan bangsa Indonesia," kata Aman Gautama Ketua Yayasan Tjie Lam Tjay, Sabtu (12/1).

Prosesi acara dimulai dengan sembahyang ucapan terimakasih yang dipimpin oleh Bikshu Xin Chen asal Jakarta kepada Budha dan Dewa yang sudah melindungi umatnya dalam satu tahun.  Pemimpin ritual membacakan doa atau mantra diikuti oleh umat yang cara penyampaiannya dengan dilantunkan.

Sembahyang Po Un diikuti oleh 1.001 peserta dari Semarang dan berbagai daerah. Aman menjelaskan, tempatnya merupakan satu satunya yang menggunakan dana sukarela dalam sembahyang Po Un sehingga orang yang tidak punya uang pun bisa mengikuti sembahyang Po Un.

"Sama rasa sama rata artinya tidak hanya yang punya uang yang bisa ikut sembahyang, yang tidak pun tetap bisa ikut," jelasnya. 


(Cun Cahya/CN41/SM Network)