• KANAL BERITA

Hujan, Petani Garam Tetap Berproduksi di Tambak Kerucut

PANEN GARAM : Seorang buruh garam tengah memanen garam di bangunan terpal di Desa Matalan Kecamatan Kaliori, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/ Mulyanto Ari Wibowo)
PANEN GARAM : Seorang buruh garam tengah memanen garam di bangunan terpal di Desa Matalan Kecamatan Kaliori, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/ Mulyanto Ari Wibowo)

REMBANG, suaramerdeka.com - Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan) Kabupaten Rembang tengah mengembangkan budi daya garam yang tetap bisa berproduksi saat musim hujan. Pihaknya mengembangkan model pembuatan tambak garam di bawah kerucut dan terowongan.

"Metode pembuatan garam di bawah kerucut dan terowongan sejauh ini berhasil. Saat musim penghujan tetap bisa memproduksi garam," kata Kepala Dinlutkan Kabupaten Rembang, Ir Suparman.

Model sebagai pilot proyek itu sekarang dikembangkan di jalan pantura Desa Matalan, Kecamatan Kaliori. Tampak berdiri bangunan-bangunan tambak garam berbentuk kerucut atau terowongan dari bambu dan plastik.

Dengan model kerucut dan terowongan itu, petani garam ke depan diharapkan bisa tetap bisa membudidayakan garam saat musim penghujan. Sejauh ini bangunan prisma dan terowongan itu cukup efektif.

Pasalnya, kata Suparman, setelah beberapa waktu diujicobakan saat musim penghujan, petani tetap bisa memanen garam meski saat hujan. Dengan metode itu, pelaku usaha garam juga bisa mendapatkan tandonan air untuk digunakan pembuatan garam.

"Dari tandonan air itu, kemudian dialirkan ke bawah bangunan itu. Sudah bisa menjadi garam," jelas dia.

Selain di Matalan, ada empat desa juga dikembangkan usaha garam model kerucut dan terowongan. Yaitu Purworejo, Mojowarno Kecamatan Kaliori, Punjulharjo Kecamatan Rembang Kota serta Gedongmulyo Kecamatan Lasem.

Bangunan kerucut dan terowongan itu merupakan metode yang dikembangkan dari Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Metode baru itu bisa meningkatkan produksi garam dan hemat tempat.

Selain metode kerucut dan terowongan, sebelumnya petani garam di Kabupaten Rembang juga telah dikenalkan mengunakan sistem terpal. Pembuatan garam sistem terpal itu untuk membantu petani menghasilkan garam berkualitas dan tidak kotor.

Klik di sini untuk dapatkan perlengkapan taman dan pernik dekorasi dengan harga terbaik


(Mulyanto Ari Wibowo/CN33/SM Network)