• KANAL BERITA

Tol Bawen-Yogyakarta Masuki Tahap Lelang

Foto Istimewa
Foto Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kepala Bappeda Jateng Sujarwanto Dwiatmoko mengungkapkan, jalan tol Bawen-Yogyakarta saat ini memasuki tahap lelang dengan trase yang sudah disepakati.

Dengan sudah adanya kesepahaman antara Jateng-DIY terkait pembangunan jalan tol Bawen-Yogyakarta, maka aksesibilitas di kedua wilayah itu akan semakin mudah dan memerpendek jarak tempuh.

“Sekarang sudah masuk tender, kan. Nasional sudah menenderkan untuk tol Bawen-Yogya, dan lewatnya juga sudah jelas trassenya. Melalui mana, sudah ada study trassingnya dengan baik. Tol itu kan tidak turun di sembarang tempat, yang terpenting ada interchangenya. Interchange tetap di Palbapang, pertigaan Borobudur dan Muntilan. Jadi, kurang lebih sekitar hampir satu kilometer menuju Borobudur,” ujar Sujarwanto dilansir dari Radio Idola.

Sebelumnya diwartakan, jalan tol Bawen-Yogya mempunyai panjang 77 kilometer dimulai dari Ambarawa, Pringsurat, Magelang dan Mungkid untuk wilayah Jateng. Sedangkan di wilayah Yogyakarta melewati Bendung, Karangtalun, Minggir dan Sleman. Total investasinya sebesar Rp12,139 triliun.

Sementara ruas tol Solo-Yogyakarta dengan panjang 54 kilometer itu, nilai investasinya sebesar Rp19 triliun. Khusus untuk ruas jalan tol Solo-Yogyakarta, akan ada bagian ruas yang melayang. 


(ER Maya/CN19/SM Network)