• KANAL BERITA

Ganjar Harapkan Tol Jateng-Yogya Bisa Mendukung Pertumbuhan Ekonomi

Foto Istimewa
Foto Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com – Kedua ruas jalan tol yang menghubungkan dua provinsi, yaitu tol Bawen-Yogyakarta, dan Solo-Yogyakarta, saat ini tengah dikebut detail engineering design (DED) dan diharapkan bisa dilanjutkan pada tahap pembebasan lahan dan konstruksinya.

Pembangunan jalan tol tersebut diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap kedua wilayah, terutama sektor ekonomi dan pariwisatanya. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjelaskan, yang terpenting dari kedua ruas jalan tol itu adalah keberadaan exit tol bisa untuk pengembangan kawasan wisata di sekitarnya. Yakni kawasan Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Sebab, kedua kawasan itu merupakan kebanggaan dan ikon Jateng serta Yogyakarta.

“Nanti kalau DED-nya sudah selesai, saya minta untuk paparan ke saya dulu. Karena apa, karena kemarin juga pak gubernur DIY menyampaikan hal yang sama jangan menerabas situs. Tol ini kan juga untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, termasuk pariwisata. Sehingga, nanti yang sangat strategis adalah exit tolnya,” kata Ganjar, dilansir dari Radio Idola.

Adanya aksesibilitas melalui exit tol itu, diharapkan mampu menjangkau daerah wisata di sekitarnya.
 


(ER Maya/CN19/SM Network)