• KANAL BERITA

Waduk Penjalin Dikeringkan, Setahun Ditutup

DIKERINGKAN: Waduk Penjalin di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Brebes, mulai dikeringkan. (suaramerdeka.com/Teguh Inpras Tribowo)
DIKERINGKAN: Waduk Penjalin di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Brebes, mulai dikeringkan. (suaramerdeka.com/Teguh Inpras Tribowo)

BUMIAYU, suaramerdeka.com - Waduk Penjalin di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Brebes, tahun ini, akan direvitalisasi. Selama masa perbaikan sekitar satu tahun waduk akan ditutup, begitu juga dengan objek wisata waduk itu.

Rencana pebaikan waduk yang dibangun tahun 1930-1934 itu dibenarkan pemerintah desa setempat.  Sebagai tahap persiapan, waduk yang berumur lebih dari setengah abad ini mulai dikeringkan.

‘’Sudah disosialisasikan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, Direktorat Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kepada masyarakat. Saat ini sudah masuk tahap persiapan," kata Pejabat Kades Winduaji, Seger, Jumat (11/1).

Kades mengemukakan revitalisasi waduk ini merupakan kelanjutan kegiatan pada 2008. Tahun ini pekerjaan perbaikan meliputi antara lain tubuh bendungan, perbaikan retak mercu pelimpah, perbaikan menara pengambilan dan pengerukan sedimen waduk.

Selama kegiatan perbaikan, waduk seluas 1,25 kilometer persegi itu akan disterilisasi dari aktivitas masyarakat. ‘’Ini untuk mendukung kelancaran pekerjaan dan keselamatan warga dan para pekerja. Jadi nanti sepanjang muka waduk akan ditutup pagar," kata Seger

Sementara Ketua Pokdarwis Desa Wisata Waduk Penjalin Nurul Imani mengatakan kegiatan wisata juga akan ditutup selama berlangsung perbaikan."Secara otomatis kegiatan wisata ditutup, termasuk saat Lebaran nanti. Kegiatan perbaikan diperkirakan memakan waktu satu tahun,," kata dia.


(Teguh Inpras Tribowo/CN39/SM Network)