• KANAL BERITA

Percantik Alun-alun Sisi Timur, Disiapkan Rp 2,5 Miliar

BERSANTAI: Warga bersantai menikmati suasana kota di Alun-alun sisi barat, Kota Pekalongan. (suaramerdeka.com/Isnawati)
BERSANTAI: Warga bersantai menikmati suasana kota di Alun-alun sisi barat, Kota Pekalongan. (suaramerdeka.com/Isnawati)

PEKALONGAN, suaramerdeka.com – Tahun ini, Pemerintah Kota Pekalongan menyiapkan dana Rp 2,5 miliar untuk melanjutkan penataan Alun-alun Kota Pekalongan. Setelah sisi barat dipercantik, tahun ini, giliran sisi timur akan ditata.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Pekalongan Slamet Mulyo menjelaskan, sebagai ruang publik, Alun-alun Kota Pekalongan akan ditata agar indah dan nyaman.

‘’Tahun 2018, kami menata Alun-alun sebelah barat. Pada tahun 2019 ini, kami akan mempercantik Alun-alun di sebelah timur.  Saat ini masih proses,’’ kata Slamet Mulyo, Jumat (11/1).

Penataan Alun-alun sisi timur meliputi pembuatan gapura, tempat parkir, kamar mandi dan toilet. Penataan ditarget selesai akhir tahun 2019. ‘’Kami rencanakan pada akhir tahun 2019 selesai,’’ katanya.

Dalam menata sisi timur ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha  Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop dan UMKM) Kota Pekalongan untuk menata pedagang kaki lima.

‘’Dindagkop nanti akan membantu menata ulang para pedagang kaki lima di kawasan Alun-alun sisi timur,’’ katanya.

Sebelumnya, penataan Alun-alun Kota Pekalongan sisi barat meliputi pembangunan tempat duduk, lampu taman dan tanaman hias dan pembuatan spot foto. Setiap hari Alun-alun Kota Pekalongan sisi barat ramai pengunjung tua, muda, anak-anak dan keluarga. 


(Isnawati/CN39/SM Network)