• KANAL BERITA

Akhir Februari, PT KAI Siap Sambut Masa Pemesanan Tiket KA Lebaran

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap menyambut masa pemesanan tiket KA Lebaran yang diperkirakan mulai berlangsung pada akhir Februari mendatang. Angkutan Lebaran sendiri bakal mulai berjalan pada akhir Mei 2019.

"Terutama dari ticketing sudah dipersiapkan, sedangkan sarana, prasarana dan SDM-nya, sumber daya yang dimiliki KAI untuk operasi Angkutan Lebaran sudah tak ada masalah," kata Jubir PT KAI Pusat, Agus Komaruddin, Jumat (11/1).

Bahkan Agus menyebut akan terjadi penambahan kapasitas angkut penumpang. Dengan demikian,  masyarakat yang mudik ke kampung halamannya lebih banyak yang terantarkan melalui angkutan jalur baja tersebut.

"Kita berharap 12 trainset, rangkaian kereta baru dari INKA sudah masuk sebelum masa Angkutan Lebaran. Karena itu artinya kapasitas angkut baik KA reguler maupun KA tambahan bisa meningkat," tandasnya.

Sebagai gambaran pada Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019, KAI menjalankan 394 KA terdiri dari 346 perjalanan KA reguler plus 48 perjalanan KA, dengan jumlah penumpang terangkut 5,7 juta orang.  Jumlah ini meningkat 12 dengan jumlah KA yang dioperasikan sebanyak 375 perjalanan.

Terkait dengan pemesanan KA Lebaran, Agus Komaruddin mewanti-wanti masyarakat untuk berhati-hati terutama terkait dengan penawaran mendapatkan tiket.

Untuk itu, dia menyarankan calon pemudik tetap melakukan pembelian tiket KA melalui aplikasi resmi, yang relatif mudah diunduh maupun memanfaatkan channel eksternal yang berjumlah 23 mitra.

"Ini untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar, jadi lebih baik jangan membeli tiket di tempat yang tidak resmi apalagi tidak mempunyai kerjasama dengan KAI," jelas Agus Komaruddin.


(Setiady Dwi/CN41/SM Network)