• KANAL BERITA

Jembatan Wisata Lolong Tua dan Sempit

JEMBATAN SEMPIT: Sejumlah warga melintas di Jembatan Lolong, Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. (Foto: suaramerdeka.com/Siti Masithoh)
JEMBATAN SEMPIT: Sejumlah warga melintas di Jembatan Lolong, Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. (Foto: suaramerdeka.com/Siti Masithoh)

KAJEN, suaramerdeka.com - Untuk mendukung pengembangan Objek Wisata Lolong di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan, dibutuhkan jembatan baru untuk mempermudah akses wisatawan menuju lokasi itu.

Saat ini, jembatan menuju objek wisata alam itu kondisinya tidak memadai dan sudah berumur lantaran dibangun Belanda. Selain sempit tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, konstruksi jembatan juga kurang layak.

Penggiat wisata Lolong, Mujahidin mengatakan, jembatan baru sangat terutama saat diselenggarakannya festival tahunan durian Lolong dimana pengunjung bisa mencapai 20 ribu orang.

Kondisi tersebut memungkinkan terjadinya kepadatan lalu lintas, sementara jembatan tua itu sempit. Begitu pun lahan parkir di objek belum memadai.

Pengelola wisata telah mengajukan permohonan agar sebelah jembatan lama dibangun jembatan baru, namun hingga kini belum ada kabar lebih lanjut.

‘‘Gagasan ini mendapat restu dari masyarakat dan tokoh desa dengan tujuan agar semakin berkembang dan perekonomian masyarakat cepat terdorong. Berkat dukungan semua pihak Alhamdulillah Wisata Lolong kini menjadi salah satu alternatif tujuan wisata bagi keluarga untuk berlibur,’’ katanya.

Sementara itu salah seorang pengelola Pengelola Objek Wisata Lolong Heri Mulyanto menuturkan, antusias wisatawan untuk berkunjung ke Objek Wisata Lolong melampaui target. Dari jumlah target 500 pengunjung pada musim liburan ini, justru terjadi lonjakan 1.000 orang per hari.

"Ada beberapa alasan mengapa para wisatawan datang ke sini di antaranya lokasinya tidak jauh dari Ibu Kota Kabupaten pekalongan, akses jalanya mudah, pemandangan alam asri serta saat ini juga sudah musim durian. Wisatawan berburu durian sekaligus menikmati indahnya panorama Lolong," katanya.


(Siti Masithoh/CN41/SM Network)