• KANAL BERITA

Pusat Bakal Bangun Embung Desa Pengkok

TINJAU BENDUNG SOKA  :  Kades Pengkok  Warijo, meninjau Bendung Soko untuk irigasi pertanian. (Foto: suaramerdeka.com/Anindito AN)
TINJAU BENDUNG SOKA : Kades Pengkok Warijo, meninjau Bendung Soko untuk irigasi pertanian. (Foto: suaramerdeka.com/Anindito AN)

SRAGEN, suaramerdeka.com – Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR dikabarkan telah menyetujui permintaan pembangunan embung di Desa Pengkok, Kecamatan Kedawung. Anggaran untuk proyek embung irigasi itu sekitar Rp 6,5 miliar.

Embung yang nantinya dinamai Embung Kedung Jeruk seluas lima hektare itu bakal mampu mengairi lahan sawah di musim kemarau seluas 25 hektare.

‘’Kami sudah mendapat lampu hijau kalau anggaran dari Kementerian PUPR segera turun,’’ tutur Warijo, Kades Pengkok Kecamatan Kedawung, Sragen, Jumat (11/1)

Lokasi untuk embung dinilai tidak ada masalah. Sebab Embung Kedung Jeruk menempati tanah Oro-oro di dataran rendah dan sebagian merupakan tanah kas desa.  Tanah Oro-oro itu kurang subur  dan kontur tanahnya berbentuk perengan (miring).

‘’Karena tanahnya kurang subur, sehingga tidak ditanami,’’ tutur Kades Warijo. Saat pemaparan, rencana pembuatan Embung Kedung Jeruk disetujui warga dan Badan Permusyawaratan  Desa (BPD) Pengkok. Permohonan ke pusat sejak 2017 lalu.

Permohonan embung baru itu mengingat tiap kali musim kemarau, petani Desa Pengkok kesulitan air irigasi pertanian. Di Desa Pengkok memiliki lahan tanah pertanian yang subur seluas 360 hektare. Untuk kebutuhan irigasi dibuat 18  sumur dalam submersible.

Dari 18 sumur submersible itu sekitar sembilan sumur di antaranya hasil swadaya masyarakat. Sedangkan sembilan sumur lainnya bantuan APBD Pemkab Sragen dan dari Dana Desa. Meski sudah ada 18 sumur submersible, namun kebutuhan irigasi dirasa masih kurang.

Di Desa Pengkok ada Bendung Soko yang berfungsi mengatur air irigasi untuk lahan pertanian di Desa Pengkok dan di desa perbatasan Desa Kedungwaduk Kecamatan Karangmalang, Sragen.

‘’Mengingat kebutuhan air irigasi ke depan, warga Desa Pengkok membutuhkan Embung Kedung Jeruk,’’ tuturnya.

Warijo mengakui  jika Waduk Gondang sudah beroperasi, mampu mencukupi kebutuhan air irigasi Desa Pengkok, Desa Karangpelem, Desa Celep Kecamatan Kedawung, hingga Desa Kedungwaduk, Kecamatan Karangmalang dan Desa Gebang, Kecamatan Masaran.

Waduk Gondang di Gempolan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar mampu menampung 9.000.000 m3 air. ‘’Saat saya melihat Waduk Gondang itu ternyata belum selesai dibangun,’’ tuturnya.


(Anindito AN/CN41/SM Network)