• KANAL BERITA

3.000 Karung Perkuat Tebing Sungai Comal

Warga Desa Mojo bergotong royong memperkuat tebing sungai Comal. (suaramerdeka.com/Ali Basarah)
Warga Desa Mojo bergotong royong memperkuat tebing sungai Comal. (suaramerdeka.com/Ali Basarah)

PEMALANG, suaramerdeka.com – Warga Dukuh Karangsembung, Desa Mojo, Kecamatan Ulujami bergotong-royong memperkuat tebing Sungai Comal dengan 3.000 karung berisi tanah yang diletakkan di sepanjang tebing, Jumat (11/1).

Warga mengambil tanah dari sekitar tebing kemudian dimasukan ke dalam karung. Selanjutnya karung ditata di kanan dan kiri tebing sungai. ‘’Warga bergotong-royong meninggikan dan memperkuat tebing dengan tujuan untuk antisipasi banjir akibat luapan air sungai," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wismo.

Dia menjelaskan kondisi tebing Sungai Copmal di Dukuh Karangsembung rawan terkikis air, sehingga warga bersama PMI Kabupaten Pemalang dan BPBD memperkuat dengan karung. Lebih dari 100 orang terlibat dalam kerja gotong royong tersebut.

Desa Mojo pada tahaun-tahun sebelumnya sering dilanda banjir akibat luapan Sungai Comal terutama ketika musim hujan mencapai puncaknya. Air sungai meluap melalui tebing-tebing yang rapuh dan posisinya sudah tidak tinggi lagi.

Warga mengantisipasi banjir dengan meninggikan dan memperkuat tebing sungai yang rawan jebol. Sebelumnya beberapa desa di Kecamatan Ulujami dan Comal bekerja sama melaklukan penguatan tebing sungai Comal yang terancam erosi.

Lokasinya di bagian selatan Desa Mojo. Di lokasi tersebut setiap tahun tebing terkikis air sungai hingga satu meter. Adapun keempat desa terdampak banjir Sungai Coma antara lain Mojo, Limbangan dan Pesantren, Kecamatan Ulujami dan Wonokromo, Kecamatan Comal.


(Ali Basarah/CN42/SM Network)