• KANAL BERITA

Tuty Adib Bawa Tenun Jepara Ke Hongkong

Perancang busana Tuty Adib memperlihatkan rancangan busananya yang akan dibawa ke event Hongkong Fashion Week, Jumat (11/1). (suaramerdeka.com/Langgeng Widodo)
Perancang busana Tuty Adib memperlihatkan rancangan busananya yang akan dibawa ke event Hongkong Fashion Week, Jumat (11/1). (suaramerdeka.com/Langgeng Widodo)

SOLO, suaramerdeka.com - "JIKA karya kita ingin dikenal bahkan diperhitungkan di tataran global maka harus diperkenalkan di dunia internasional." Hal itu dikatakan Tuty Adib ketika ditemui di rumah produksinya di Solo, Jumat (11/1), sebelum bertolak  Hongkong. Di situ, dia akan mengikuti pameran dan peragaan busana dalam "Hongkong Fashion Week" yang digelar 14 hingga 17 Januari.

Bagi perancang busana asli Solo itu, kepergiannya ke Hongkong adalah yang kedua.

"Yang pertama sekitar tahun 2010 saya hanya mengikuti pameran, untuk tahun ini ikut pameran sekaligus fashion show," kata dia yang mengaku pergi bersama lima desainer Indonesia lainnya.

Dalam "Hongkong Fashion Week", Tuty akan memamerkan enam koleksinya. Semua berbahan tenun yang diambil dari Jepara. Kenapa tenun Jepara, jawab dia, karena motif tenun Jepara mengolaborasikan motif tenun dari berbagai wilayah di Indonesia.

Seperti dari Maumere Papua, Kalimantan, Bali, Batak Sumatera Utara, dan lain sebagainya. Dengan membawa tenun Jepara, bisa dikatakan mewakili seni dan budaya beberapa daerah di Indonesia.

"Makanya dalam Hongkong Fashion Week ini tema yang kami usung adalah Amazing Jepara," katanya.

Menurut Tuty, membawa kain tenun Jepara dalam Hongkong Fashion Week kali ini sangat tepat, lantaran di Tiongkok sedang  musim dingin atau winters. Sehingga cocok kalau dipakai, sebab kainnya agak tebal.

"Busana yang kami pamerkan dalam fashion show adalah padu padan antara bawahan dan atasan, sehingga bisa dilepas dan masing-masing bisa dipasangkan dengan jenis pakaian lainnya. Misalnya, atas tenun motif batik dan bawah memakai jeans. Ada pula busana ready to wear," katanya.

Lebih lanjut Tuty mengatakan, Hongkong Fashion Week adalah salah satu event fashion show dan pameran internasional yang diperhitungkan para desainer dan pelaku industri tekstil dunia. Di situ bertemu seller dan buyer dari berbagai dunia. Dengan mengikuti pameran dan fashion show di situ maka produknya akan dikenal di mata internasional

"Sangat tepat kalau kita mengikuti pameran dan fashion show di situ. Selain fashion show di situ ada penjualan atau transaksi sebab di situ juga ada pameran," kata Tuty yang pernah mengikuti fashion show di London Inggris, Kuala Lumpur Malaysia, dan Australia.


(Langgeng Widodo/CN42/SM Network)

Berita Terkait
Loading...
Komentar