• KANAL BERITA

Pedagang Keluhkan Jalan Berlubang dan Bau Menyengat

LEWATI JALAN: Salah seorang warga, melewati jalanan rusak yang menyebabkan banjir di sisi utara Pasar Klewer, Solo, Kamis (10/1). (Foto: suaramerdeka.com/M Ilham Baktora)
LEWATI JALAN: Salah seorang warga, melewati jalanan rusak yang menyebabkan banjir di sisi utara Pasar Klewer, Solo, Kamis (10/1). (Foto: suaramerdeka.com/M Ilham Baktora)

SOLO, suaramerdeka.com – Pengunjung dan pedagang mengeluhkan jalan berlubang di perempatan Pasar Klewer. Lubang itu ada sejak akhir Desember 2018 dan semakin lebar sehingga menimbulkan banjir di utara pasar dan bau menyengat.

‘’Akhir Desember 2018 lalu, kondisi jalan sudah berlubang namun tidak parah. Karena terus dilewati kendaraan motor dan mobil, lubang jalan tersebut bertambah lebar dan merusak saluran air di bawah jalan, sehingga lubang itu mengeluarkan air berwarna kuning,’’ kata pedagang, Feli Amalia Putri, Kamis (10/1).

Lubang bertambah lebar sejak Selasa (1/1). Air yang keluar bercampur dengan sisa makanan dan hasil olahan makanan, sehingga menimbulkan bau menyengat.

‘’Pihak berwenang belum mengambil tindakan. Beberapa warga terpaksa memberi tanda berupa box kayu bekas agar tak dilintasi pengendara,’’ ungkap Feli.

Seorang tukang becak, Tukimin menuturkan genangan air tersebut membahayakan pengendara yang akan parkir di basement pasar, lantaran akses masuk ke tempat parkir basement jalanannya menurun. ‘’Tak sedikit motor tegelincir karena jalan pintu masuk parkir becek karena banjir tersebut," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Surakarta, Endah Sitaresmi menuturkan petugas dinas terkait sudah mengecek keluhan itu. Menurutnya, saluran drainase itu tertutup reruntuhan aspal jalan dan menyumbat aliran air, sehingga meluber hingga ke permukaan jalan raya.

‘’Kami belum bisa memastikan penyebab rusaknya jalan tersebut. Kendaraan yang kerap melintas memicu lubang makin lebar, hingga menutup aliran drainase. Jumat (11/1) kami akan membersihkan reruntuhan dan segera membenahi bagian jalan yang berlubang,’’ tuturnya.


(M Ilham Baktora/CN41/SM Network)