• KANAL BERITA

Banyak Varietas Baru, Durian Lokal Mijen Tetap Diminati

Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Musim panen raya duren lokal di Kecamatan Mijen tiba. Aktifitas jual beli buah beraroma khas tersebut ramai di Pasar AC, Kelurahan Tambangan.  

Seperti yang dilakukan salah satu kelompok pedagang duren yang berjumlah empat orang. Dua di antaranya adalah Sugiarti (47), dan Rububiyah (55). Beraneka jenis duren dari lokal maupun varietas baru seperti Durian Montong dijajakan. Namun, jenis durian lokal dari Mijen masih sangat diminati.

“Durian lokal itu memang dagingnya tipis bila dibandingkan dengan durian varietas baru, seperti montong. Tapi Durian Mijen ini banyak yang suka,” jelas Sugiarti.

Rerata dalam satu hari, dia dan ketiga rekannya dapat menjual 50 buah durian. Dari 50 tersebut, terbanyak pengunjung membeli durian lokal. Sementara pada hari-hari libur, penjualan dapat melonjak 100 persen.

“Pembelinya ini dari banyak daerah. Ada Purwodadi, Salatiga, Ambarawa,” kata warga Kampung Bandungsari, kelurahan  Tambangan itu.

Harga jual durian per buah dimulai dari Rp 20.000 pe sampai berkisar Rp 120.000. Pembeli lebih banyak menyukai membeli secara paket, dengan tiga buah durian seharga Rp 100.000. “Berat buah durian lokal ini bisa mencapai delapan kilogram.  Kalau untuk jenis durian lain itu memang lebih mahal. Tapi pembeli punya selera sendiri,” jelasnya.

Musim panen buah durian lokal Mijen, terjadi pada rentang November-Februari. Sementara puncak ramai pembeli pada Desember-Januari.

Panen Bagus

“Masa panen durian di setiap wilayah berbeda. Biasanya kalau di Mijen belum panen, pedagang jual durian dari Sumatera. Kemudian durian lokal Mijen. Setelah itu baru wilayah Ambarawa,” kata pedagang yang sudah berjualan dari 2005 tersebut.  

Rububiyah menembahkan, bahwa masa panen tahun ini lebih bagus dibandingkan tahun lalu. Panen durian dikatakan berhasil dengan jumlah dan kualitasnya.

“Tahun lalu faktor curah hujan tinggi. Dampaknya memang panen durian tidak sebagus sekarang,” jelasnya.


(Diaz Abidin/CN41/SM Network)