• KANAL BERITA

Hujan Deras dan Angin Picu Papan Reklame Tumbang ke Jalan

Petugas kepolisian dari Polsek Kertek dan Satlantas Polres Wonosobo berupaya mengevakuasi papan reklame yang tumbang secara manual, Rabu (9/1) sore. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)
Petugas kepolisian dari Polsek Kertek dan Satlantas Polres Wonosobo berupaya mengevakuasi papan reklame yang tumbang secara manual, Rabu (9/1) sore. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan sebuah papan reklame ucapan Natal dan Tahun Baru 2019, milik salah satu Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Jawa Tengah tumbang ke jalan, Rabu (9/1) sekitar pukul 14.00 WIB. Kejadian yang terjadi di Jalan Raya Wonosobo-Kertek, tepatnya sebelum Pasar Sayur Wringinanom dari arah Polsek Kertek. Diduga rangka besi papan reklame sudah ada yang lapuk, sehingga tumbang diterpa angin.

Informasi yang berhasil dihimpun, kejadian tumbangnya papan reklame di badan jalan menyebabkan jalur di Jalan Raya Wonosobo-Kertek mengalami kemacetan, karena separuh badan jalan tertutup papan reklame. "Hujan deras terjadi sejak pukul 13.00. Hal ini menyebabkan papan reklame ucapan Natal dan Tahun Baru 2019 di wilayah Kampung Binangun, tepatnya di Kelurahan Wringinanom," ungkap Kapolsek Kertek, AKP Sigit Prastyanto, kepada suaramerdeka.com, Rabu (9/1).

Menurut dia, robohnya baliho ke jalan memang menyebabkan penyempitan jalan, hampir setengah jalan tertutup papan reklame dengan kerangka besi tersebut. Beruntung peristiwa robohnya papan reklame tersebut tidak menyebabkan korban luka maupun jiwa, karena kebetulan saat konsisi papan reklame roboh, kondisi jalan sedang agak sepi pengendara. "Terkait hal ini, kami minta pengguna jalan khususnya Jalur Kertek-Wonosobo tetap berhati-hati," tutur dia.
 
Disebutkan, sebagai langkah antisipasi kemacetan, anggota Polsek Kertek dan Satuan Lalu Lintas Polres Wonosobo yang datang lokasi, segera melaksanakan pengaturan lalu lintas dan mengevakuasi papan reklame tersebut. "Kami berupaya melakukan pengaturan lalu lintas sembari menunggu dinas terkait menanganinya. Dari Polsek Kertek dan Satlantas sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menyingkirkan papan reklame agar tidak mengganggu pengguna jalan," jelasnya.

Menurut dia, insiden robohnya papan reklame tidak memakan korban jiwa. Karena sesampainya anggota Polsek Kertek di lokasi tidak ada orang maupun kendaraan di bawah papan reklame. Namun pihaknya tetap memberi imbauan agar pengguna jalan tetep berhati-hati, karena selain hujan masih mengguyur wilayah Kertek juga adanya besi kerangka baliho masih di jalan. "Pengguna jalan tetap berhati-hati saat berkendara, jangan terlalu menepi dekat papan reklame," beber dia.

Untuk keamanan dan antisipasi kemacetan, anggota Polsek Kertek dan Satlantas berada di lokasi kejadian sampai ada evakuasi papan reklame. Namun, berhubung hujan terus mengguyur dan suasana semakin gelap, atap perintah Kasat Lantas Polres Wonosobo AKP SS Udiono dan Kapolsek Kertek, pihaknya mengerahkan anggota melaksanakan evakuasi papan reklame secara manual. "Alhamdulilah sudah beres," tutur dia.


(M Abdul Rohman/CN40/SM Network)