• KANAL BERITA

Mahasiswa USM Kenalkan Aplikasi Web ERP di Koperasi Pakardo

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Mahasiswa Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang menerapkan pemrograman aplikasi bisnis  menggunakan Web ERP. Empat mahasiswa ini yakni Yanuar Triadi Nugroho, Alimah Sofwatin Fiqriya, Salma Firdaus Nabilah, dan Widya Arif Ardianto mengadakan eksplorasi di Koperasi Pakardo di Jl. Prof.H Soedarto S.H Tembalang, Semarang.

Para mahasiswa itu ingin memperkenalkan aplikasi sistem Informasi tersebut di Koperasi Pakardo, untuk menyelesaikan tugas akhir dari mata kuliah Pemrograman aplikasi bisnis, yang diampu Prind Tri Ajeng P, S.Kom, M.Kom.

Pemrograman itu lantas memperkenalkan suatu aplikasi bisnis yang bernama Web ERP. Pengertiannya  dari Enterprise resource planning (ERP) tersebut  adalah aplikasi sistem  informasi manajemen terintegrasi untuk bisnis/organisasi yang mencakup multi fungsionalitas seperti penjualan, pembelian, produksi, gudang, akuntansi dan finansial, penggajian, sumber daya manusia, dsb.

"Dari pengertian di atas, ERP mengalami perkembangan pesat dari tahun ke tahun, apalagisekarang masyarakat sudah tak asing lagi beserta dunia digital. Bahkan,  sudah ada banyak Industri yang menjadikan Pengertian Web ERP dan manfaatnya bagi bisnis, seperti contohnya Tekomsel, PT.Konveksi, PT.Semen Gresik, Garuda Indonesia, dsb," ujar Yanuar, salah satu mahasiswa.

Sebelum ini, mereka melakukan wawancara dan observasi terhadap proses bisnis mitra atau pelaku usaha yang dipilih. Melalui fase tersebut, mahasiswa dapat menganalisa dan memetakan fungsi atau modul yang sesuai dengan proses bisnis atau pelaku usaha dan disesuaikan dengan modul operasi pada aplikasi ERP.

Selanjutnya, mahasiswa mensimulasikan data dan proses bisnis mitra atau pelaku usaha ke dalam aplikasi ERP. Mahasiswa kemudian memperkenalkan dan memberikan pelatihan penggunaan aplikasi ERP yang telah disimulasikan dengan data yang sesuai ke masing-masing mitra dan pelaku usaha. "Dengan kegiatan, kami berharap Web ERP  dapat membantu Koperasi Pakardo ke depannya dalam proses bisnis baik penjualan maupun manajemen," ujarnya.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)