• KANAL BERITA

Kepala BPBD Jateng: Jaga Integritas, Ikuti Regulasi yang Ada

Sinergi KNPI Jateng-BPBD Jateng Tanggulangi Bencana

Salah satu petugas BPBD Provinsi Jawa Tengah mengajak rombongan Tim Petangguh KNPI Jawa Tengah memantau situasi sejumlah daerah di wilayah Jawa Tengah di Kantor BPBD Jateng, Jalan Imam Bonjol No 1F Semarang, Rabu (26/12). (suaramerdeka.com/Siswo Ariwibowo)
Salah satu petugas BPBD Provinsi Jawa Tengah mengajak rombongan Tim Petangguh KNPI Jawa Tengah memantau situasi sejumlah daerah di wilayah Jawa Tengah di Kantor BPBD Jateng, Jalan Imam Bonjol No 1F Semarang, Rabu (26/12). (suaramerdeka.com/Siswo Ariwibowo)

SEMARANG, suaranerdeka.com - Tim Pemuda Tanggap dan Tangguh (Petangguh) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Tengah dan Badan Penanggulagan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah akan menjajaki kerja sama berupa bersinergi dalam berbagai hal yang berkaitan dengan kebencanaan. "Fokus kami pada bidang bidang kemanusiaan, sosial, kebencanaan serta bidang lainnya. Ini yang menurut kami bisa disandingkan bersma dengan BPBD Jawa Tengah. Kita bersinergi bersama dalam kerangka kemanusiaan," kata Ketua Tim Petangguh KNPI Jateng, Tri Sugiarto, saat berdialog dengan Kepala BPBD Jateng, Sarwa Pramana, di kantor BPBD Jateng,  Jalan Imam Bonjol No 1F Semarang, Rabu (26/12).

Tri mengaku bersyukur atas respons positif yang dilakukan BPBD Jateng. Pihaknya ingin, Tim Petangguh KNPI Jateng nantinya dapat dilibatkan dalam bidang kebencanaan bersama BPBD Jateng. "Secara umum Pak Sarwa telah memberikan garis besar terkait dunia kebencanaan. Selanjutnya kami dan tim lainnya akan segera menindaklanjutinya," kata dia.

Kepala BPBD Jateng, Sarwa Pramana, mengapresiasi langkah yang dilakukan Tim Petangguh KNPI Jawa Tengah. Menurutnya, anak anak muda yang tergabung dalam wadah KNPI harus peka terhadap lingkungan sekitar.

"Bagus sekali kalau KNPI Jateng ada Tim Petangguhnya. Ini perlu ditingkatkan lagi ke hal yang lebih maju lagi," kata Sarwa.

Menurutnya, dalam banyak kesempatan, BPBD Jateng memerlukan para relawan yang tangguh dalam menghadapi bencana seperti, tanah longsor, banjir, dan sejumlah bencana lainnya yang belakangan ini sering terjadi.

"Tim reaksi cepat juga diperlukan. Besok 28 Desember, kami akan mengirim tim relawan ke wilayah Pandeglang, Banten. Nanti dari pihak Tim Petangguh KNPI Jateng bisa ikut berpartisipasi mengirim dua orang," pintanya.

Di tengah dialog berlangsung, Sarwa berpesan, supaya setiap kegiatan yang dilakukan KNPI Jawa Tengah selalu dipublikasikan melalui media sosial (medsos) yang ada seperti, instragam (IG), facebook (FB), twitter, dan sejumlah medsos lainnya. Tujuannya, memberitakan apa apa yang telah dilakukan dan memberi semangat kepada pihak lainnya.

"Apa pun yang dilakukan KNPI Jateng harus diinfokan ke medsos, IG, twitter, FB, dan sebagainya. Ini penting dilakukan," terangnya.

Sarwa juga berpesan penanganan bencana tidak hanya menjadi urusan pemerintah saja, tetapi semua pihak seperti, wirausaha, dan masyarakat. Di akhir paparan, Sarwa berpesan kepada pengurus KNPI Jateng supaya dalam melakukan kegiatan, khususnya yang berkaitan dengan kemanusiaan harus dilandasi rasa ikhlas.

"Jaga integritas, bekerja dengan baik sesuai regulasi. Itu hal utama yang harus dilakukan," imbuhnya.


(Siswo Ariwibowo /CN40/SM Network)