• KANAL BERITA

Pengunjung Kalap Berebut Durian Pelang

Pengunjung festival ngunduh durian berebut durian dan ace di areal kolam Redi Ayu Desa Margorejo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Minggu (23/12). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
Pengunjung festival ngunduh durian berebut durian dan ace di areal kolam Redi Ayu Desa Margorejo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Minggu (23/12). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS, suaramerdeka.com – Bagi sejumlah orang melihat durian bisa membuat seolah lupa diri. Begitu pun saat festival ngunduh durian di areal kolam Redi Ayu Desa Margorejo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Minggu (23/12), ratusan pengunjung seolah-olah kalap berebut pelang, durian top desa itu.

Mereka tak mempedulikan duri tajam buah yang disusun dalam empat gunungan. Bahkan empat gunungan berisi durian dan ace (sejenis rambutan) tak terisa dalam hitungan menit. Padahal panitia belum memberi aba-aba agar isi gunungan bisa diambil pengunjung.

Begitu Wakil Bupati Kudus, Hartopo, selesai mengunduh durian secara simbolis, para pengunjung langsung merangsek ke gunungan. Arahan panitia agar pengunjung bersabar tak dihiraukan. Panitia pun pasrah empat gunungan diserbu para pengunjung.

‘’Acaranya seru. Sayang duriannya kurang banyak,’’ kata Deva Ramadan, yang jauh-jauh datang berkendara motor dari Purwodadi, Kabupaten Grobogan.

Deva sepertinya sudah mempersiapkan diri untuk berebut durian. Kaos tangan yang biasa digunakannya untuk berkendara motor sengaja tidak dilepas. Keputusannya tepat. Meski harus berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya, ia berhasil merebut dua buah durian untuk dibawa pulang.

Kepala Desa Margorejo, Ahmad Baskoro, tak menyangka antusiasme warga untuk datang di festival durian sangat tinggi. ‘’Tahun ini menjadi evaluasi kami. Tahun depan kami targetkan bisa membuat festival seribu durian, seperti halnya sewu kupat di Colo saat Syawalan,’’ katanya.

Festival ngunduh durian digelar setahun sekali, pada akhir tahun bertepatan dengan puncak musim durian di Margorejo. Salah satu desa di kaki Gunung Muria itu memiliki durian lokal nan kondang. Durian pelang namanya.

Selain durian, Margorejo memiliki potensi buah unggulan lain seperti ace dan petai. Festival yang dihadiri Wakil Bupati Kudus Hartopo, Ketua DPRD Kudus Achmad Yusuf Roni, dan pejabat di lingkungan Pemkab Kudus itu sengaja digelar untuk mengangkat ‘’brand’’ durian pelang Margorejo.


(Saiful Annas/CN40/SM Network)