• KANAL BERITA

Hindari Penumpukan, Penumpang Diimbau Tidak Menyeberang Malam Hari

Foto: istimewa
Foto: istimewa

BANTEN, suaramerdeka.com - Hingga sabtu malam (22/12), Pelabuhan Merak diperkirakan masih dipadati masyarakat yang akan menyeberang ke Lampung. Peningkatan jumlah penumpang di Pelabuhan Merak Banten telah terjadi sejak Jumat kemarin, seiring telah memasuki masa libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Diperkirakan akan ada 865.771 orang yang akan menyeberang. Jumlah ini naik sekitar lima persen dibandingkan realisasi yang sama tahun lalu sebanyak 824.544 orang. Puncak arus mudik libur Natal diperkirakan terjadi malam ini. Berdasarkan data ada 135.287 unit kendaraan roda empat yang telah masuk Merak sejak sore tadi. Jumlah ini juga naik dari tahun lalu sebanyak 128.845 unit. Sementara roda dua mencapai 33.998 unit atau naik lima persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 32.379 unit sepeda motor.

"Puncak arus berangkat Natal diperkirakan jatuh pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu (22-23 Desember) dan jelang Tahun Baru, pada Sabtu-Minggu (29-30 Desember). Diprediksi, pada puncak arus tersebut akan terjadi lonjakan penumpang dan kendaraan," ujar Dirut PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak, Ira Puspadewi.

Meski begitu, penumpang diimbau untuk tidak menyeberang di malam hari, guna menghindari penumpukan penumpang pejalan kaki dan kendaraan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.


(Viva/CN40/SM Network)