• KANAL BERITA

Mahasiswa USM Buat SPK untuk Toko Mebel Anibu

Untuk Tentukan Barang Paling Banyak Terjual

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Empat mahasiswa program studi Sistem Informasi Universitas Semarang membuat suatu terobosan untuk membantu sebuah mitra yang bergerak di bidang mebel untuk menentukan barang-barang apa saja yang paling banyak diminati para customer dalam satu bulan pejualan.

Keempat mahasiswa program studi Sistem Informasi ini adalah Riska Kurniawati, Purbo Laras O, Kusuma Dewi W, dan Delimayani S, membuat Sistem Pengambil Keputusan terebut didasari adanya tugas dari matakuliah Sistem Pengambil Keputusan atau SPK yang diampu Dosen Saifur Rohman Cholil M.Kom. Sistem Pengambil Keputusan atau SPK merupakan seebuah keilmuan yang dapat mempermudah dalam mengambil suatu keputusan.

Eko merupakan pemilik dari mebel Anibu, yang mengatakan bahwa mebel tersebut merupakan usaha keluarga atau usaha turun-temurun. Dia juga berkata jika dulu sempat mendata barang-barang dengan menguunakan komputer, namun akhirnya tidak dilanjutkan lagi karena tidak ada pegawai yang meneruskan. Dan sekarang jika kami merasa suatu barang harus dibeli, maka kami akan membeli barang tersebut ujar beliau.

"Dari penuturan pemilik mebel di jalan Supriyadi itu, kami memutuskan dan atas permintaan beliau agar membuat Sistem Pengambilan Keputusan untuk menentukan barang apa saja yang paling banyak terjual dengan metode Moora. Karena dengan dibuatnya sebuah sistem, maka akan lebih mudah dalam mencari data barang apa saja yang sudah terjual dan akan mudah dalam hal pembelian ataupun menyetok barang-barang tersebut," kata Delimayani.

 


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)