• KANAL BERITA

2019, Pemkab Bantul Siap Bangun Rumah Layak Huni

Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

BANTUL, suaramerdeka.com - Pemerintah Kabupaten Bantul (Pemkab Bantul), mulai tahun depan fokus pada program pembangunan atau renovasi rumah tidak layak huni. Hal ini disebabkan diwilayah daerah selatan Kota Yogyakarta, masih banyak ribuan rumah yang sama sekali tidak layak huni.   

Bupati Bantul, Suharsono menyatakan hal itu di sela-sela acara silaturahmi bersama Mitra Pengusaha di Tembi Rumah Budaya, Dusun Tembi, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Rabu (12/12). ''Kami akan menyasar ribuan rumah tidak layak huni,'' katanya.

Dengan prioritas pembangunan ini, Suharsono berharap bisa mengurangi kemiskinan yang ada di wilayahnya. ''Minimal, kami bisa mengurangi kemiskinan yang ada di Bantul. Kami belum tahun berapa rumah yang akan kita renovasi. Kita lihat saja nanti,'' jelas Bupati Bantul.

Menurut bupati, mekanisme pemberian bantuan rumah layak huni berasal dari pengajuan Kepala Dusun melalui Kepala Desa, Camat dan diteruskan ke Pemkab Bantul. ''Nanti petugas Pemkab Bantul yang akan melakukan verifikasi rumah tidak layak huni untuk diberikan bantuan senilai Rp 20 juta hingga Rp 25 juta,'' katanya.‎

Tahun 2019 mendatang, Pemkab Bantul berupaya mengoptimalkan anggaran yang ada pada pengadaan barang dan jasa pemerintah tahun 2019 senilai Rp 5 miliar yang akan ditender pada akhir tahun 2018 atau mendahului tahun anggaran.

''Sudah ada kesepakatan antara DPRD dan Bupati terkait dengan pengadaan barang jasa pemerintah yang dilelang mendahului tahun anggaran dan sangat dimungkin dilakukan, apalagi ada payung hukumnya yaitu Perpres No 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang jasa pemerintah,'' katanya.


(Sugiarto/CN41/SM Network)