• KANAL BERITA

Natal dan Tahun Baru, Disiapkan 444 Lokomotif dan 1.637 KA

KA Joglosemarkerto sedang berhenti di Stasiun Slawi Tegal, belum lama ini. (suaramerdeka.com/Langgeng Widodo)
KA Joglosemarkerto sedang berhenti di Stasiun Slawi Tegal, belum lama ini. (suaramerdeka.com/Langgeng Widodo)

SOLO, suaramerdeka.com - Menyambut liburan Natal dan Tahun Baru, PT KAI (Persero) menyiapkan 444 unit lokomotif dan satu unit lokomotif cadangan, serta 1.637 unit kereta dan 218 unit kereta cadangan. KAI menyiapkan 346 perjalanan KA reguler dan 48 perjalanan KA tambahan atau total 394 perjalanan KA.

Jumlah ini meningkat lima persen dibanding masa angkutan tahun lalu, yakni sebesar 375 perjalanan KA. Selama masa angkutan, seluruh pegawai KAI dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun.

"Mereka tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan," kata Manager Humas Daop VI, Eko Budiyanto, Selasa (11/12).

Menurut Eko, beberapa KA tambahan di daerah operasi VI Yogyakarta adalah KA Taksaka Pagi relasi Gambir-Yogyakarta pergi pulang (PP), Taksaka Malam relasi Gambir-Yogyakarta PP, Lodaya relasi Bandung-Solo PP, Sancaka relasi Yogyakarta-Surabayagubeng PP, Mataram Premium relasi Pasarsenen-Lempuyangan PP, dan Lodaya Malam relasi Solo-Bandung PP.

Kemudian, tambahan fakultatif pada KA Argo Lawu relasi Gambir-Solo PP dan Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo PP.

"KAI mengoperasikan 24 nama kereta tambahan (48 perjalanan kereta) dengan total kapasitas 27.560 seat per hari. Kereta itu sebagian besar mulai beroperasi 20 Desember 2018 hingga 7 Januari 2019. Beberapa kereta seperti Brantas Tambahan dan Mataram Premium, operasional mulai 13 Desember 2018," katanya.

Untuk ketersediaan tempat duduk hingga 3 Desember jumlah tempat duduk di KA tambahan masih tersedia 75 persen. Sedang untuk KA reguler masih 61 persen. Selama masa angkutan tahun baru ini KAI menyediakan layanan first class yaitu kelas Luxury pada KA Argo Bromo Anggrek (1.296 seat).

Ada pun layanan kelas Priority pada KA Argo parahyangan (4.320 seat). Hingga 3 Desember 2018, jumlah tempat duduk pada kelas Luxury masih tersedia 72 persen, sedang untuk kelas Priority masih tersedia 45 persen.

"Masyarakat yang ingin mendapatkan tiket kereta tambahan bisa membeli di seluruh channel resmi penjualan tiket kereta, antara lain aplikasi ponsel resmi KAI yakni KAI Access, situs kai.id, contact center 121, loket, mau pun channel eksternal yang telah bekerja sama dengan KAI," jelasnya.


(Langgeng Widodo/CN40/SM Network)