• KANAL BERITA

Kemenhub Siapkan Tambah Kapal untuk Angkutan Nataru ke Indonesia Timur

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sedang meninjau Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, kemarin. (Foto: suaramerdeka.com/Cun Cahya)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sedang meninjau Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, kemarin. (Foto: suaramerdeka.com/Cun Cahya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Laut akan menambah kapal untuk angkutan Natal dan tahun (nataru) baru ke Indonesia Bagian Timur. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan untuk angkutan laut Natal dan tahun baru memang terbanyak tujuan Indonesia Timur seperti Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Maluku, NTT dan Papua. 

"Saya meminta Dirjen Laut untuk  menambah kapal dengan fasilitas angkutan perintis," katanya di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, kemarin. 

Penambahan kapal tersebut akan mulai dilakukan tanggal 10 Desember 2018. Budi pun mengimbau dalam nantinya melakukan angkutan nataru agar selalu dilakukan pengecekan kapal menyeluruh, mulai kondisi kapal, alat penyelamat dan pendataan manifes penumpang.  

"Begitu terlihat kapalnya tidak terawat saya pikir lebih baik jangan diperkanankan untuk jalan," tegasnya. 

Sementara itu untuk angkutan nataru melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Budi mengatakan tidak akan mengalami lonjakan berarti walaupun jumlahnya meningkat tapi relatif flat. 

"Dengan jumlah kapal yang ada sudah mencukupi untuk menampung penumpang dari Semarang," ucapnya.  


(Cun Cahya/CN41/SM Network)