• KANAL BERITA

USM Targetkan Akreditasi A pada 2023

SAMPAIKAN PAPARAN : Direktur Kelembagaan Perguruan Tinggi Kemenristekdikti Totok Prasetyo menyampaikan paparan pada kegiatan Launching Cyber dan Visi Misi Universitas Semarang (USM) di kampus tersebut, Jumat (7/12). (Foto: suaramerdeka.com/Eko Fataip)
SAMPAIKAN PAPARAN : Direktur Kelembagaan Perguruan Tinggi Kemenristekdikti Totok Prasetyo menyampaikan paparan pada kegiatan Launching Cyber dan Visi Misi Universitas Semarang (USM) di kampus tersebut, Jumat (7/12). (Foto: suaramerdeka.com/Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Universitas Semarang (USM) menargetkan 2023 mendatang memperoleh akreditasi institusi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Kemenristekdikti.

Ketua Yayasan Alumni Undip, Prof Muladi mengemukakan, perguruan tinggi tidak hanya membutuhkan kuantitas, namun juga mengedepankan kualitas, termasuk menyangkut sumber daya manusia.

"Perguruan tinggi tidak hanya membutuhkan kuantitas. Kuantitas itu bisa gedung atau mahasiswa yang jumlahnya banyak. Kualitas dan kuantitas harus seimbang," kata Muladi usai kegiatan Launching Cyber dan Visi Misi Universitas Semarang (USM) serta Pengarahan Direktur Kelembagan Perguruan Tinggi Kemenristekdikti di kampus tersebut, Jumat (7/12).

Menurutnya, perguruan tinggi juga harus memiliki sesuatu yang bisa ditonjolkan dan berbeda dibanding perguruan tinggi lain. Muladi menyebut, saat ini USM menempati peringkat ke-228 dari jumlah perguruan tinggi nonvokasi di Indonesia.

"Akreditasi kelembagaan kami memang masih B, tetapi untuk program studi ada yang A. Kuncinya ada pada SDM, maka kami siap merekrut dosen-dosen doktor dari luar. Yayasan siap menunjang, membantu dan memfasilitasi," ujarnya.

Dikatakan pula, suatu perguruan tinggi tidak hanya fokus dalam menambah fakultas baru. Namun, fakultas yang ada wajib ditingkatkan dalam hal mutu dan kualitas. Terlebih pada era sekarang, persaingan antarperguruan tinggi swasta maupun perguruan tinggi negeri makin ketat.

"Setelah ini kami meminta rektor dan jajarannya untuk menanggapi informasi dari Kemenristekdikti untuk membuat pemetaan dengan indikator yang jelas, apa yang kurang dan mana yang bisa dimajukan," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Kelembagan Perguruan Tinggi Kemenristekdikti, Totok Prasetyo melihat, USM mulai berkembang dan membaik. Pihaknya menilai, universitas ini memiliki komitmen untuk meningkatkan akreditasi institusinya.

"USM mulai membaik, artinya prestasi bergerak ke arah positif. Mereka ingin meningkatkan akreditasi institusinya dan kami harus mendukung. Itu sesuai dengan rencana strategis kami, terutama terkait peningkatan mutu perguruan tinggi," katanya.


(Eko Fataip/CN41/SM Network)