• KANAL BERITA

ISODEL Hasilkan 20 Rekomendasi untuk Wujudkan Pendidikan 4.0

Foto: istimewa
Foto: istimewa

DENPASAR, suaramerdeka.com - Penyelenggaraan International Symposium on Open, Distance and E-Learning 2018 (ISODEL) telah menghasilkan 22 kesimpulan dan 20 rekomendasi untuk mewujudkan "Pendidikan 4.0 untuk Indonesia".

"Pada sesi terakhir ISODEL, kami memiliki beberapa rekomendasi yang telah disajikan. Kami sepenuhnya sadar bahwa semua itu bukanlah solusi menyeluruh untuk menyiapkan pendidikan di revolusi industri 4.0 yang kita butuhkan," ujar Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Kapustekkom), Kemdikbud, Gogot Suharwoto pada penutupan ISODEL, Rabu (6/12).

Menurut dia, Revolusi Industri 4.0 tidak hanya mendekati tetapi sudah terjadi dan menjadi bagian dari kehidupan kita.

"Pertanyaannya adalah bagaimana kita di sektor pendidikan, mulai dari guru, kepala sekolah, dinas pendidikan, pemerintah pusat dan daerah, serta pemangku kepentingan lainnya agar dapat menyesuaikan dengan perubahan zaman yang cepat," tuturnya.

Dari materi yang disampaikan berbagai narasumber menghasilkan kesimpulan diantaranya proses dan model belajar perubahan di dalam era Pendidikan 4.0.

Bermain, belajar dan bekerja terjadi di dalam satu waktu yang sama, Berkembangnya gamifakasi, e-commerce, virtual, dan belajar dari dunia maya lainnya, serta Proses belajar mengajar sekarang bukan hanya sebagai lahan bisnis semata.


(Prajtna Lydiasari/CN33/SM Network)