• KANAL BERITA

Keluarga Lingkungan Pendidikan Pertama dalam Wujudkan PAUD Berkualitas

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy (Foto Istimewa)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy (Foto Istimewa)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Untuk mewujudkan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berkualitas, inklusif, dan berkesetaraan, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyadari pentingnya kemitraan tri pusat pendidikan, yaitu satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat.

Melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 30 Tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan telah diatur mekanisme dan bentuk pelibatan tersebut.

"Keluarga sebagai lingkungan pendidikan yang pertama dan utama memegang peranan penting dalam mewujudkan PAUD yang berkualitas," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy di Bandung, Jumat (7/12).

Ia menyampaikan bahwa kerja sama dan keselarasan program pendidikan yang diselenggarakan di satuan PAUD dan di keluarga akan mendukung optimasisasi perkembangan anak.

"Oleh karena itu, selain memberikan penguatan terhadap penyelenggaraan PAUD, Kemdikbud juga memberikan penguatan tentang pengasuhan anak kepada orang tua melalui program pendidikan keluarga," tuturnya.


(Prajtna Lydiasari/CN19/SM Network)