• KANAL BERITA

Team BBM Siap Membersihkan Masjid Tanpa Bayaran

Ketua Team BBM Ust Hari Indriyanto (kiri) bersama tim saat bersih-bersih Musola Nurul Iman, di Desa Nepak Bulurejo, Magelang, Jumat. (Foto suaramerdeka.com/Wahyu Atmaji)
Ketua Team BBM Ust Hari Indriyanto (kiri) bersama tim saat bersih-bersih Musola Nurul Iman, di Desa Nepak Bulurejo, Magelang, Jumat. (Foto suaramerdeka.com/Wahyu Atmaji)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Banyak cara berbuat baik dan bermanfaat bagi lingkungan. Misalnya seperti yang dilakukan Team BBM (Bersih Bersih Masjid) di Kota Magelang ini. Komunitas ini mempunyai anggota 150 orang dan siap membersihkan masjid dan musolo gratis.

Ketua Team BBM, Ust Hari Indriyanto, menjelaskan pekerjaan sosial itu dilakukannya saban hari Jumat dan Minggu. Karena masing-masing anggotanya adalah pekerja, wirausahawan, pegawai, bahkan pelajar dan mahasiswa. 

"Mereka bekerja sukarela tidak dibayar sepeserpun. Baik dari Team BBM maupun pengurus masjid atau musola yang kami bersihkan," kata Hari Indrayanto kepada suaramerdeka.com, di sela membersihkan musola Nurul Iman, Desa Nepak Bulurejo, Magelang, Jumat ini.

Team BBM bekerja sangat profesional. Terlihat dari kesigapan dan kecepatannya bekerja. Seluruh karpet dan lantai divakum. Toilet dan tempat wudhlu disikat mengkilap, dinding dan properti lain juga tak luput dari para sukarelawan ini. 

Team BBM ini berkeliling dengan minibus Colt Station tua yang dilengkapi aneka peralatan dan obat pembersih.

Diakui oleh Hari banyak pengurus masjid yang akan membayarnya setelah masjidnya disulap jadi bersih. "Tapi kami tolak. Sesuai janji kami tak perlu memberikan apapun. Kalau mau membantu bersih-bersih tentu kami hargai," kata alumnus Fakultas Ekonomi UPN yang kini menggeluti bisnis perkayuan.

Lantas dari mana sumber pembiayaan Team BBM ? Ternyata ada beberapa donatur yang membiayai. Tetapi bukan dari pengurus masjid yang dibersihkan. Sebagian adalah anggota Team BBM, sebagian lainnya adalah masyarakat umum. Seluruh donasi tadi digunakan untuk operasional  bersih-bersih.

Team BBM yang berdiri sejak 11 Februari 2016, menurut Hari, sudah membersihkan ratusan masjid dan musola. Kini daftar tunggu juga semakin banyak karena ada ribuan masjid dan muslola di Kota dan Kabupaten Magelang.

Bagi pengurus masjid atau musola yang ingin memanfaatkan para sukarelawan kebersihan ini bisa menghubungi Ust Hari 08121553752, 
Ust Syaiful 085956541972, Ust Iksan 081510656456.



 


(Wahyu Atmadji/CN19/SM Network)