• KANAL BERITA

Juara Umum MQK Bakal Diganjar Mobil

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - Pemprov Jabar mulai menggelar musabaqah qiraatul kutub, atau ajang lomba membaca kita kuning. Hajatan itu diharapkan bisa ikut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas santri. "MQK bisa jadi bahan evaluasi santri oleh kiainya. Ajang ini juga bisa jadi arena berlatih keberanian berbicara karena ini syarat mutlak bagi santri guna sebarkan dakwah," kata Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum di Bandung, Kamis (6/12).

Uu yang besar di lingkup Pesantren Miftahul Huda, Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya itu tak menampik hajatan tersebut baru pertama kali dilakukan. Niatnya, membangun silaturahmi antar Ponpes. "Jadi kegiatan ini bukan mengundang kabupaten dan kota. Karenanya, undangannya langsung ditujukan ke Ponpes-ponpes yang ada," tandasnya.

Jumlah ponpes di Jabar mencapai 8.000. Tak hanya itu, ajang yang disebutnya sebagai bagian dari upaya peningkatan pembangunan kebatinan tersebut diharapkan pula dapat memperkuat karakter terutama moral dan akhlak generasi muda. Sebagai pemantik peserta tampil optimal, panitia menyediakan hadiah bagi ponpes yang tampil sebagai juara umum. Dengan demikian, hadiah tak hanya diberikan ke juara perseorangan.

"Hadiahnya buat Ponpes yang bisa muncul sebagai juara umum adalah mobil, sedangkan juara kedua sepeda motor roda tiga, dan peringkat berikutnya, sepeda motor, dan ajang ini bakal kami rutinkan," katanya.


(Setiady Dwi/CN26/SM Network)