• KANAL BERITA

Presiden Jokowi Bertemu Empat Mata dengan Sultan HB X

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri berkunjung ke Keraton Yogyakarta dalam kunjungannya ke Yogyakarta, Kamis (6/12). Presiden ditemui Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan para putri serta menantu Ngarsa Dalem di Gedung Jene, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Pada kunjungan itu, presiden melakukan pertemuan empat mata dengan Ngarsa Dalem yang juga Gubernur DIY. Dalam pertemuan tersebut, tidak ada yang tahu apa yang dibicarakan tokoh bangsa itu. Karena baik putri maupun menantu Sultan dan ajudan tidak diikutsertakan.

Putri dan menantu Sri Sultan Hamengku Buwono X juga tidak tahu apa yang dibicarakan oleh kedua tokoh bangsa tersebut. "Nuwun sewu, saya tidak tahu apa yang dibicarakan beliau berdua," kata GKR Mangkubumi saat turut mengantar Presiden Jokowi dan Sri Sultan Hamengku Buwono X masuk ke dalam mobil di Keraton Yogyakarta.

Kunjungan orang nomor satu di Indonesia ini, bukan selaku Cawapres tapi sebagai presiden sehingga sama sekali tidak ada kunjungan yang berbau kampanye. "Gedung Jene itu, khusus untuk pertemuan tamu negara dengan Raja Keraton Yogyakarta," ujar putri mahkota Keraton Yogyakarta.

Ketika didesak sejumlah wartawan Presiden Joko Widodo mengatakan, pertemuan dengan Sri Sultan karena dirinya 'diaturi pinarak' atau singgah ke Keraton Yogyakarta oleh Ngarsa Dalem. "Saya diajak 'diaturi pinarak oleh beliau,'' jawab Presiden Joko Widodo sambil jempol jarinya menunjuk Sri Sultan berdiri di pintu mobil sedan sebelah kanan.

Dalam perbincangan dengan Ngarsa Dalem, Capres nomor urut 01 ini menjelaskan, tentang ketatanegaraan, manajemen negara, masalah konstitusi dan banyak lagi lainnya. "Ya kita bicara seputar itu saja," katanya.


(Sugiarto/CN26/SM Network)