• KANAL BERITA

Sektor Kearsipan Terapkan Kebijakan Smart City

foto: Istimewa
foto: Istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Kebijakan smart city telah diterapkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sleman di hampir semua lini kebijakan, baik dari segi kearsipan maupun perpustakaan. Kepala DPK Sleman Ayu Laksmidewi mencontohkan, di sektor smart governance, pihaknya telah melakukan pengembangan sistem kearsipan melalui aplikasi Simarda.

Disamping itu ada pula kebijakan alih media arsip, sistem informasi kearsipan nasional, dan sistem informasi kearsipan statis. "Dari sisi pelayanan, kami juga mengembangkan beberapa kebijakan seperti Genta Siaga, restorasi arsip, storyline Sleman, kunjung arsip, dan PPID," ungkapnya saat menyampaikan presentasi di acara evaluasi implementasi program smartcity, Kamis (12/6).

Pada tahun 2019, DPK menargetkan seluruh perangkat daerah di Sleman telah mengimplementasikan Simarda. Tahun ini, aplikasi itu diterapkan di tujuh perangkat daerah yang akan dijadikan pilot project. Sebelumnya, tujuh instansi perangkat daerah itu telah menjalani bimtek.

Sementara dari sisi pelayanan kearsipan, Ayu menggarisbawahi program Genta Siaga atau Gerakan Cinta Arsip Keluarga. Program ini disusun untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Sleman dalam mengelola arsip pribadi keluarga agar tersimpan dengan baik. 

“Kegiatan ini sudah berlangsung dari tahun 2016, dan di tahun 2018 ini targetnya adalah 13 dusun di Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati,” imbuh Ayu.

Di bidang perpustakaan, pihaknya mengupayakan program perpustakaan berbasis IT melalui Online Public Access Catalog (OPAC), e-book Sleman, Sleman One Search, dan Layanan Sirkulasi Mandiri.


(Amelia Hapsari/CN34/SM Network)