• KANAL BERITA

Kirab Drum Band Akmil Meriahkan Penutupan Praja Bakti Taruna di Wonosobo

Para taruna Akmil unjuk kebolehan memainkan drum band saat prosesi jelang upacara penutupan Latihan Praja Bakti Taruna Akmil Magelang di kawasan Alun-alun Wonosobo, Kamis (6/12) sore. (SM/ M Abdul Rohman )
Para taruna Akmil unjuk kebolehan memainkan drum band saat prosesi jelang upacara penutupan Latihan Praja Bakti Taruna Akmil Magelang di kawasan Alun-alun Wonosobo, Kamis (6/12) sore. (SM/ M Abdul Rohman )

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Gubernur Akademi Militer (Akmil) Magelang Jenderal TNI Dudung Abdurachman secara resmi menutup kegiatan Latihan Praja Bakti Taruna (Akmil) Magelang Tingkat II dan III Tahun Pelajaran 2018/2019 yang digelar di Kecamatan Kaliwiro dan Wadaslintang.

Penutupan acara secara ceremonial dilakukan di Alun-alun Wonosobo dimeriahkan dengan kirab peserta drum band akademi setempat, Kamis (6/12) sore. "Latihan Praja Bakti Taruna/Taruni Akmil ini mengambil lokasi di Wonosobo, setidaknya telah menyelenggarakan beberapa kegiatan fisik maupaun non fisik," ujar Dudung.

Menurut dia, kegiatan fisik yang telah dilakukan antara lain pembuatan jalan, pembuatan got, pembersihan rumah ibadah, dan pembuatan pos kamling. Sementara untuk kegiatan non fisik antara lain wawasan bela negara dan kebangsaan serta sosialisasi Akmil ke para pelajar SMA.

Dijelaskan latihan Praja Bakti Taruna tersebut memang untuk melatih para Taruna atau Taruni mengenai masalah teritorial bersama masyarakat. Diharapkan apabila mereka sudah berada dalam satuan, para Taruna atau Taruni sudah terbiasa menghadapi persoalan di masyarakat.

"Latihan Praja Bakti ini waktunya memang relatif singkat, karena sifatnya baru pengenalan kepada para Taruna atau Taruni. Namun latihan di Wonosobo ini berbeda dengan di daerah lain, karena masyarakat Wonosobo sangat antusias dengan kedatangan para Taruna Akmil ini," beber dia.

Dikatakan, masyarakat di Wonosobo sangat antusias. Sambutannya, gotong royong luar biasa. Bukan hanya orang tuanya saja, namun para pemudanya juga sangat luar biasa. Mereka ikut membantu kegiatan ini.

Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo menyebutkan, kegiatan ini sangat membantu Pemkab Wonosobo, baik fisik maupun non fisik. Bahkan, pihaknya meminta Akmil untuk melakukan Latihan Praja Bakti di Wonosobo setiap tahun sekali, karena masyarakat Wonosobo sangat antusias dengan kegiatan ini.


(M Abdul Rohman/CN34/SM Network)