• KANAL BERITA

Dirut PDAM Patroli Kebocoran Pipa Jaringan

PERBAIKAN PIPA : Pejerja teknis PDAM Tirta Mulia sedang memperbaiki kerusakan jaringan pipa air bersih di wilayah perkotaan. (Suaramerdeka.com/ Saiful Bachri)
PERBAIKAN PIPA : Pejerja teknis PDAM Tirta Mulia sedang memperbaiki kerusakan jaringan pipa air bersih di wilayah perkotaan. (Suaramerdeka.com/ Saiful Bachri)

PEMALANG, suaramerdeka.com - Direktur Utama PDAM Tirta Mulia Pemalang, Aji Setyabudi turun langsung ke lapangan melakukan patroli pipa jaringan, Kamis (6/12). Belakangan, banyak kebocoran air pada pipa transmisi sehingga mengganggu pasokan kepada pelanggan.

Patroli dilakukan bersama Direktur Teknik Djulianto dan Direktur Administrasi Umum dan Keuangan Arief Setiawan. Selain untuk mengetahui jaringan pipa yang bocor, patroli itu sebagai upaya meningkatkan kulitas pelayanan kepada pelanggan.

Kabag Hukum dan Humas Ponco Adisuseno mengatakan hasil pengecekan ke lapangan diketahui beberapa titik pipa transmisi yang bocor sedang diperbaiki secara bertahap, sehingga mengganggu pasokan air kepada pelanggan.

"Beberapa wilayah pelanggan air PDAM, debit air mengalami menurun karena ada kebocoran dan perbaikan pipa," kata Ponco, Kamis (6/12).

Daerah yang mengalami gangguan antara lain di Kelurahan Bojongbata, dan Kecamatan Taman sekitarnya. Gangguan ini akibat kebocoran atau kerusakan pipa di daerah Semingkir, Pegiringan, Bantarbolang dan Pemalang terutama di daerah Paduraksa, di depan SMP 5 Paduraksa dan depan SPBU Bojongbata.

Untuk mengurangi tingkat kebocoran, sekarang sedang dilakukan rentabilisasi pipa lama asbes dengan pipa baru HDPE mulai dari SMP 5 Paduraksa hingga Bojongbata. Dengan adanya gangguan distribusi air tersebut pihak PDAM meminta maaf kepada para pelanggan.

PDAM berupaya melakukan perbaikan secepat mungkin. Selama ada kebocoran dan perbaikan pada jaringan pipa, pelanggan diminta menampung air di bak-bak penampungan atau tandon untuk kebutuhan sehari-hari.


(Saiful Bachri/CN33/SM Network)