• KANAL BERITA

Bea Cukai Magelang Amankan 14.320 Rokok Kretek Ilegal

  PERIKSA ROKOK: Petugas Kantor Bea Cukai Magelang memeriksa rokok di salah satu warung dalam rangka melancarkan program Operasi Gempur tahun 2018. (Foto: suaramerdeka.com/dok)
PERIKSA ROKOK: Petugas Kantor Bea Cukai Magelang memeriksa rokok di salah satu warung dalam rangka melancarkan program Operasi Gempur tahun 2018. (Foto: suaramerdeka.com/dok)

MAGELANG, suaramerdeka.com – Selama bulan November 2018, Kantor Bea Cukai Magelang mengamankan 14.320 batang rokok kretek, 1.400 batang rokok kelembak menyan, dan 56 botol liquid vape ilegal. Pengamanan barang tak resmi ini berasal dari Operasi Gempur yang diadakan di beberapa lokasi di Magelang.

Kepala Kantor Bea Cukai Magelang, Totok Purwanto mengatakan, Operasi Gempur merupakan program yang diadakan selama November lalu serentak di seluruh Indonesia. Operasi berupa penindakan terhadap barang kena 

“Kita di Magelang sudah melaksanakan 16 kali penindakan di beberapa lokasi, seperti warung, pertokoan, dan pasar. Hasilnya lumayan banyak dan barang ilegal itu langsung kita amankan,” ujarnya dalam keterangan persnya, Rabu (5/12).

Dia menuturkan, wilayah Jawa Tengah merupakan salah satu daerah penghasil rokok di Indonesia yang menjadi sumber pendapatan negara di bidang cukai. Besarnya keuntungan bisnis rokok mampu meningkatkan pundi-pundi keuangan negara.

Namun di sisi lain, hal ini menuntut petugas bea dan cukai harus tetap waspada dan mengawasi peredaran rokok ilegal di pasaran. Modus pelanggaran cukai yang digunakan beragam, antara lain rokok berpita cukai palsu, rokok berpita cukai tidak sesuai peruntukannya, rokok berpita cukai bekas, dan rokok yang tidak dilekati pita cukai.

“Maka, untuk melindungi masyarakat dari bahaya rokok ilegal dan mengamankan penerimaan negara di bidang cukai, Bea Cukai kian gencar melakukan operasi pasar dan sosialisasi rokok ilegal dalam kerangka penindakan cukai,” katanya.

Melalui Operasi Gempur ini, ia berharap penindakan cukai dapat dilaksanakan dengan tepat sasaran dan memberikan efek jera kepada para pelaku yang ditindak.


(Asef Amani/CN41/SM Network)