• KANAL BERITA

Tahun 2019, Batang Ditargetkan Bebas ODF

Bupati Batang Wihaji menyerahkan piagam bagi desa yang terbebas dari ODF. (Foto suaramerdeka.com/Kasirin Umar)
Bupati Batang Wihaji menyerahkan piagam bagi desa yang terbebas dari ODF. (Foto suaramerdeka.com/Kasirin Umar)

BATANG, suaramerdeka.com – Bupati Batang Wihaji mentargetkan tahun 2019 masyarakat Kabupaten Batang terbebas dari Open Defecation Free (ODF), atau buang air besar sembarangan.

"Target kami tahun depan, 2019, masyarakat Kabupaten Batang terbebas dari ODF, dan ini perlu kerjasama gropyok (beramai-ramai) lintas sektoral, untuk menyukseskannya,"kata Bupati Wihaji saat membuka kegiatan Deklarasi ODF di pendopo Kantor Bupati setempat, Senin (3/12)

Dikatakan, berdasarkan data yang tercatat di Dinas Kesehatan Kabupaten Batang baru ada 56 desa yang sudah terbebas ODF, dari 248 desa dan kelurahan. Sehingga masih tersisa 192 Desa yang belum terbebas ODF.

“Melihat kesadaran masyarakat yang kurang terkait dengan ODF, kita akan terus berupaya menyadarkan masyatakat dengan menggandeng TNI/Kodim 0736 untuk ikut grobyok agar tahun depan Batang sudah terbebas dari ODF,” tegas Bupati Wihaji.

Bupati juga memerintahkan Dinas Perumahan dan Pemukiman untuk membuat jamban komunal, termasuk CSR dari perusahaan, diminta untuk membantu pembuatan jamban bagi daerah terdampak.

Menurut Bupati, ada dua hal yang mempengaruhi kebiasaan buang air besar sembarangan yaitu mental dan tidak adanya fasilitas. Untuk itu Bupati minta ada penguatan mental dari semua stakeholder guna mengurangi hal tersebut.

“Saya minta agar bidan desa, PKK, Kepala Kelurahan, Kepala Desa, Camat, Puskesmas, Komunitas, dan terutama Dinas Kesehatan untuk melakukan sosialisasi pemberian pemahaman kepada masyarakat supaya tidak melakukan ODF,"ujar Wihaji. 


 


(Kasirin Umar/CN19/SM Network)