• KANAL BERITA

Pelaksanaan Reuni 212 Jangan Sampai Ditunggangi

Foto: Menkopolhukam Wiranto / Istimewa
Foto: Menkopolhukam Wiranto / Istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - Menkopolhukam Wiranto meminta pelaksanaan reuni 212 di Monas yang melibatkan massa banyak memperhatikan rambu-rambu aturan yang berlaku plus meluruskan niat sehingga tak kontraproduktif.

"Makanya saya peringatkan, kalau ada izin berdemontrasi, patuhi hukum yang berlaku jangan menyimpang dari maksud izin tersebut, jangan sampai ditunggangi yang justru menodai niat baik itu," tandasnya kepada wartawan di sela-sela pelantikan Kepengurusan PBSI Jabar di Bandung, Sabtu (1/12).

Dia mengaku sebenarnya enggan menanggapi kegiatan yang berlangsung pada Minggu (2/12). Meski demikian, dia sudah menginstruksikan aparat kepolisian untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

Hanya saja, Wiranto meminta antisipasi tersebut tak diartikan macam-macam. Pasalnya, pihaknya semata mempertimbangkan kepentingan yang lebih besar yakni ketertiban dan ketentraman masyarakat terlebih dalam waktu dekat bakal digelar Pileg dan Pilpres 2019.

Jangan sampai, imbuhnya, kegiatan yang digelar itu menimbulkan gangguan terlebih rasa takut bagi masyarakat lainnya yang juga sama-sama beraktivitas.

"Ini bukan masalah politik tapi soal ketertiban dan kententraman umum. Karenanya negeri ini kita jaga supaya suasananya damai, rukun, dan kondusif menjelang Pemilu tetap terjaga, dan ini kehormatan kita sebagai bangsa," jelasnya.

Dalam kaitan kemungkinan kegiatan tersebut kemungkinan dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu, Wiranto menyebut polisi mempunyai kewenangan melakukan tindakan tegas.

"Kalau pun diizinkan karena tujuan baik, memperingkat Maulid Nabi misalnya tapi kemudian diselewenangkan, polisi berhak membubarkan, saya pun akan perintahkan untuk bubarkan, siapa pun penanggungjawabnya harus bertanggung jawab atas penyimpangan tersebut. (Bahkan) ketika ada niatan mengganggu kondisi seperti itu, polisi berhak menindak tegas dan keras berdasarkan hukum," jelasnya.


(Setiady Dwi/CN42/SM Network)