• KANAL BERITA

Bantuan Bibit dari Pemerintah Hanya Stimulan

Banyak Lahan di Kebumen Belum Produktif

foto: Istimewa
foto: Istimewa

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKB Taufik R Abdullah menilai banyak lahan di Kabupaten Kebumen yang  belum produktif. Dari hasil pengamatannya, banyak lahan yang belum ditanami dengan baik oleh pemiliknya.

Padahal, apabila masyarakat mau memanfaatkan lahan tersebut dengan cara menanam pohon dapat meningkatkan produktivitas lahan. Melihat kondisi itu, dia ingin mendorong agar mamanfaatkan lahan dengan menanami pohon.

"Melihat kondisi itu, kebutuhan bibit pohon masih sangat banyak. Cuma tidak mungkin mengharapkan semua itu dari pemerintah. Bantuan bibit dari pemerintah hanya bersifat stimulan," ujar Taufik R Abdullah kepada Suara Merdeka di sela-sela penyaluran bibit pohon di Dusun Legok, Desa/Kecamatan Pejagoan, Rabu (28/11).

Kondisi yang berbeda terjadi di Banjernegara, imbuh Taufik. Banyak lahan yang dieksploitasi secara berlebihan. Seperti di daerah pegunungan yang memiliki kemiringan cukup estrim, yang semestinya ditanam tanaman keras, tetapi ditanami tanaman semusim. "Sehingga kawasan perbukitan menjadi rawan terjadi bencana tanah longsor," ujar politikus PKB tersebut.


(Supriyanto/CN34/SM Network)