• KANAL BERITA

PT KAI Luncurkan Feeder Wonosobo-Stasiun Purwokerto

Foto: istimewa
Foto: istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - PT KAI (Persero) melakukan jemput bola terhadap penumpang asal Jateng yang berada di jalur tengah dengan menggelar angkutan terusan bagi pengguna KA yang berpergian melalui Stasiun Purwokerto. Rencana angkutan feeder tersebut dibenarkan pejabat operator plat merah itu. Kemungkinan, program tersebut menjadi semacam percontohan bagi Daop lainnya.

"Angkutan terusan ini memang baru, ini pilot project kita dalam merespon pasar, dan juga suara dari pelanggan, kita ingin jemput bola juga," tandas Vice Presiden Passenger Marketing PT KAI, Raden Agus Dwinanto saat dihubungi, Selasa (20/11).

Rencananya angkutan feeder itu akan mulai dioperasikan mulai Jumat (23/11) lusa. PT KAI Daop V Purwokerto akan lebih memperkenalkan terlebih dahulu keberadaan layanan tersebut.

Sebagai operatornya, PT KAI mempercayakannya ke anak perusahaannya, PT KAI Wisata. Untuk tahap awal, intermoda bakal dilayani tiga unit untuk masing-masing rute Pp.

Rute yang dilayani feeder tersebut mencakup Wonosobo, Banjarnegara, dan Purbalingga. Untuk keperluan angkutan terusan tersebut, mereka menggunakan mobil jenis elf dengan jadwal keberangkatan lima kali perhari Pp antara Stasiun Purwokerto dan wilayah-wilayah tersebut.

Diharapkan, terobosan itu dapat menjawab kebutuhan transportasi masyarakat jalur tengah Jateng yang akan mempergunakan jasa KA melalui Stasiun Purwokerto yang merupakan stasiun utama terdekat ke wilayah tersebut.

"Berdasarkan survei Daop V, pasarnya potensial, dan memang ada penumpang KA dari kota-kota tersebut," tandas Agus Dwinanto, soal program mengintegrasikan dua moda tersebut.

Program sejenis, katanya, akan dilakukan secara bertahap terhadap wilayah lainnya. Di antaranya, rute Gambir-Tanjung Karang menghubungkan Jawa-Sumatera berkerja sama dengan Damri, dan potensi wisata Banjar-Pangandaran.


(Setiady Dwi/CN40/SM Network)