• KANAL BERITA

SD Muhammadiyah PK Kottabarat dan MIM Demangan Bentuk Belajar Bersama

Para siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo menyerahkan infak kepada siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Demangan, Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Senin (19/11). (suaramerdeka.com/dok)
Para siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo menyerahkan infak kepada siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Demangan, Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Senin (19/11). (suaramerdeka.com/dok)

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Sebanyak 57 siswa kelas VI SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo melakukan kunjungan belajar ke Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Demangan Eromoko Wonogiri, Senin (19/11). Kunjungan belajar itu mengambil tema "Menumbuhkan Jiwa Empati Mewujudkan Generasi Berprestasi". Kunjungan tersebut merupakan program tahunan kelas VI yang dikemas dalam bentuk kegiatan belajar bersama. Selanjutnya diikuti dengan penyaluran hasil infak siswa.

Kegiatan diawali dengan pembentukan kelompok belajar yang anggotanya adalah kolaborasi antara siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo dengan MIM Demangan. Mereka mengerjakan soal-soal model ujian sekolah yang terdiri atas mata pelajaran Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia secara berkelompok.

Para siswa dari kedua sekolah terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Mereka berkolaborasi dalam satu kelompok untuk berkompetisi dengan kelompok lain. Hasil pekerjaan kelompok kemudian dikoreksi dan dinilai untuk menentukan juara kelompok.

Rosi, salah satu siswa kelas VI MIM Demangan Eromoko mengaku senang dengan kegiatan tersebut. Menurutnya,kegiatan tersebut sangat bermanfaat karena menumbuhkan semangat untuk meraih prestasi ujian sekolah. "Ini pengalaman pertama saya bisa berkenalan dan belajar dengan teman dari sekolah lain," katanya.

Muhamad Arifin, Wakasek Kesiswaan SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo menyampaikan, selain belajar bersama untuk mempersiapkan ujian sekolah, mereka juga mengisinya dengan kegiatan berbagi. Kegiatan itu sekaligus momentum untuk menyalurkan hasil infak harian siswa. "Siswa kelas VI SD Muhammadiyah PK Kottabarat setiap hari mengumpulkan uang infak. Hasilnya disalurkan kepada sekolah yang membutuhkan melalui rangkaian kegiatan seperti itu," terangnya.

Kepala MIM Demangan, Wiji Rokhani, merasa bahagia karena SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo mau berkunjung ke MIM Demangan. "Kami sangat berterima kasih atas silaturahmi ini. Momentum penting untuk membuka wawasan keluarga besar MIM Demangan agar lebih bersemangat dalam mengelola pendidikan," ujarnya.

Kegiatan diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Eromoko, Syamsu Hidayat. Dia berpesan agar jalinan kerja sama terus berlanjut. Sehingga ada kesinambungan program untuk meningkatkan kualitas kedua sekolah.


(Khalid Yogi/CN40/SM Network)