• KANAL BERITA

Apa Pun Limbah IKM Harus Diolah

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal, Agus Subagyo, menyampaikan materi pada acara sosialisasi peningkatan kapasitas lingkungan hidup bagi IKM di ruang pertemuan Permata Inn, Slawi. (suaramerdeka.com/Cessnasari)
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal, Agus Subagyo, menyampaikan materi pada acara sosialisasi peningkatan kapasitas lingkungan hidup bagi IKM di ruang pertemuan Permata Inn, Slawi. (suaramerdeka.com/Cessnasari)

TEGAL, suaramerdeka.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal terus mendorong seluruh pelaku industri skala kecil dan mikro (IKM) untuk ramah lingkungan, dengan mengelola apa pun limbah yang dihasilkan dari proses produksi/industri secara baik.

‘’Sedikit apa pun namanya limbah, maka harus diolah,’’ kata Kepala DLH Kabupaten Tegal, Agus Subagyo, pada saat membuka sosialisasi peningkatan kapasitas pengelolaan lingkungan hidup bagi IKM di ruang pertemuan Permata Inn, Slawi, Sabtu (17/11).

Kegiatan sosialisasi diikuti 90 pelaku IKM dari Kecamatan Adiwerna, Talang, Tarub, dan Pangkah. Agus mendorong pelaku IKM untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan di tempat kerja dan menggerakan go green untuk kelestarian lingkungan.

Ada pun upaya menjaga lingkungan yakni menjaga indeks kualitas udara (IKU), menjaga indeks kualitas air (IKA) dan menjaga indeks tutupan lahan.

Ketua penyelenggara sosialisasi peningkatan kapasitas lingkungan hidup bagi IKM, Tamilah menyebutkan, kegiatan itu untuk mengenalkan pengetahuan pengelolaan dampak kegiatan usaha mikro kecil, sehingga pencemaran dan kerusakan lingkungan bisa diminimalisasi lebih dini.

Forum itu juga untuk menyebarluaskan informasi kebijakan pemerintah dalam pengelolaan lingkungan hidup dan pengelolaan sampah. Selain itu, memberikan bekal pengetahuan pengelolaan limbah kegiatan/usaha kecil mikro serta mendorong usaha kecil mikro semakin ramah lingkungan.

Materi sosialisasi tentang pengelolaan dampak lingkungan oleh kegiatan UMKM Kepala Bidang UMKM Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM, Teguh Sugiarto. Selain itu pengelolaan limbah bagi usaha skala kecil dan mikro oleh Kepala Seksi Pengawasan dan Penataan Hukum Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Khaerudin.


(Cessnasari/CN40/SM Network)