• KANAL BERITA

Alokasi Bantuan Mahasiswa Berprestasi Hanya untuk 162 Orang

Peserta mengikuti sosialisasi tentang bantuan untuk mahasiswa berprestasi di pendapa Kabupaten Wonogiri, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Khalid Yogi)
Peserta mengikuti sosialisasi tentang bantuan untuk mahasiswa berprestasi di pendapa Kabupaten Wonogiri, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Jumlah total pendaftar bantuan mahasiswa berprestasi Kabupaten Wonogiri mencapai lebih dari 600 orang. Mereka selanjutnya akan menjalani serangkaian tes dan seleksi. Pasalnya, Pemkab hanya mengalokasikan bantuan untuk 162 orang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Wonogiri, Siswanto mengatakan, jumlah pendaftar pada tahap pertama tanggal 5-10 November lalu sebanyak 503 orang. Ada pun jumlah pendaftar tahap ke dua tanggal 12-14 November lalu lebih dari 100 orang. "Jumlah total pendaftar ada 600 orang lebih sedikit," katanya, Kamis (15/11).

Pihaknya selanjutnya akan melakukan verifikasi berkas-berkas pendaftaran tersebut. Verifikasi berkas diperkirakan memakan waktu selama dua hari. "Setelah itu kami melakukan proses koneksitas dengan pihak ke tiga yang akan melaksanakan tes seleksi," imbuhnya.

Proses seleksi dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Ada pun tes tertulisnya menggunakan metode computer assisted test (CAT). Pihaknya menargetkan para calon penerima bantuan sudah bisa diumumkan akhir November mendatang.

Mahasiswa yang lolos seleksi kelak akan menerima bantuan sebesar Rp 12 juta selama satu tahun. Bantuan diberikan dalam dua tahap. Tahap pertama diberikan bulan Desember 2018 sedangkan tahap ke dua diberikan sekitar bulan Juni-Juli 2019 mendatang.

Pemkab Wonogiri tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp 2.162.523.000,- untuk memberikan bantuan pendidikan bagi mahasiswa berprestasi. Bantuan itu akan diberikan kepada 162 mahasiswa yang memenuhi syarat.

Perlu diketahui, Pemkab Wonogiri telah menerapkan program bantuan untuk mahasiswa sejak 2017 dan 2018 lalu. Berdasarkan testimoni-testimoni para penerima, bantuan tersebut menurutnya sangat bermanfaat bagi mahasiswa asal Kabupaten Wonogiri. "Tahun kemarin, ada empat mahasiswa Wonogiri penerima bantuan yang berhasil meraih predikat cum laude. Mereka lulus dari empat perguruan tinggi favorit yang berbeda-beda. Itu benar-benar membanggakan," ujarnya.


(Khalid Yogi/CN40/SM Network)