• KANAL BERITA

Sambut Nataru, PT KAI Siapkan 24 KA Tambahan

Foto: suaramerdeka.com/Setiady Dwi
Foto: suaramerdeka.com/Setiady Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan perjalanan sebanyak 24 KA tambahan untuk menghadapi masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019.

Menurut Vice Presiden Passenger Marketing PT KAI, Raden Agus Dwinanto, KA ekstra itu bakal dioperasionalkan mulai 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019.

"Rencananya, penjualan tiket KA tambahan mulai dilakukan (Kamis) besok, kita sudah setting KA sebanyak itu," katanya di sela-sela pembukaan "Book Fair on Station" di Stasiun KA Bandung, Rabu (14/11).

Ke-24 KA tambahan itu terdiri dari 13 KA kelas eksekutif, 7 KA kelas ekonomi Non-PSO, dan sisanya 4 KA tambahan berupa penambahan perputaran rangkaian seperti KA Argo Jati relasi Jakarta-Cirebon.

Untuk rute-rute KA lainnya, KA tambahan itu diarahkan untuk melayani relasi ke sejumlah kota di Jateng dan Jatim di antaranya Yogyakarta, Solo, Semarang, Malang, Surabaya, dan Cilacap.

"Kota-kota tersebut merupakan tujuan favorit selama masa Nataru. Ini bisa dibuktikan dari tiket KA reguler yang terjual, sudah habis tandas sejak dijual mulai H-90," tandasnya.

Kendati tak menyebutkan kapasitas tempat duduk yang disediakan, Agus Dwinanto menyebut bahwa pengoperasian KA tambahan tersebut mempertimbangkan tren peningkatan perjalanan KA.

"Yang jelas, kapasitas angkut yang kita sediakan naik hingga 8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, semoga bisa merespon animo masyarakat yang juga memanfaatkan akhir tahun untuk libur," katanya.

Pengoperasian KA tambahan itu mempunyai pola baku seperti yang disiapkan operator plat merah itu dalam menghadapi event besar. KA tambahan tersebut berperan sebagai suplemen dari nama KA reguler. KA Purwojaya Jakarta-Cilacap menjadi KA Purwojaya Nataru untuk menandakan KA tambahan misalnya.


(Setiady Dwi/CN41/SM Network)