• KANAL BERITA

Jaga Kesehatan Saat Tugas, Prajurit TNI Dapat Vaksinasi Hepatitis B

Tim Vaksinasi memberikan suntik vansin Hepatitis B kepada sejumlah prajurit TNI di Aula Kodim 0707/Wonosobo, Kamis (8/11) siang. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)
Tim Vaksinasi memberikan suntik vansin Hepatitis B kepada sejumlah prajurit TNI di Aula Kodim 0707/Wonosobo, Kamis (8/11) siang. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Para prajurit TNI di Kodim 0707/Wonosobo mendapatkan vaksinasi Hepatitis B di Aula Kodim 0707/Wonosobo, Kamis (8/11) siang. Pemberian vaksin dilakukan guna menjaga kesehatan para prajurit agar tetap terjaga dalam melaksanakan tugas.

"Prajurit harus memiliki kondisi fisik dan kesehatan yang prima agar dapat menjalankan tugas sehari-hari," ujar Dandim 0707/Wonosobo,  Letkol Czi Fauzan Fadli.

Pihaknya meminta para prajurit juga menjaga pola makan, istirahat dan menyempatkan olahraga di waktu luang. Pemberian suntikan vaksin tersebut juga merupakan program kesehatan Angkatan Darat yang bertujuan agar para prajurit TNI AD terhindar dari penyakit. “Ke depan tugas prajurit makin berat. Jadi memang prajurit harus sering-sering memeriksakan kesehatannya secara berkala," tutur dia.

Apalagi, kata dia ditambah dengan pemberian vaksin seperti ini, maka prajurit akan tetap siap melaksanakan tugas walau seberat apa pun tugas yang diembannya. Salah satu prajurit yang divaksinasi, Serma Sutrisno mengatakan dirinya merasa perlu adanya kegiatan tersebut. Harapannya kondisi para prajurit yang setelah divaksin dapat terjaga dan tidak terjangkit penyakit hepatitis. "Hal ini karena untuk membela tanah air harus berada dalam posisi badan sehat bugar dan stamina yang selalu terjaga," terang dia.

Ketua Tim Vaksinasi, Zainah mengharapkan, seluruh jajaran Kodim 0707/Wonosobo menjaga kesehatan baik untuk diri, personel mau pun keluarga dan lingkungannya. Pemerintah sendiri melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan pola hidup sehat agar terhindar dari semua penyakit yang ada.

"Untuk itu diharapkan pada pelaksanaan selanjutnya nanti akan lebih banyak lagi prajurit yang mendapatkan vaksin ini. Sudah waktunya pola hidup sehat dijalani oleh semua orang, karena kesehatan merupakan hal yang paling penting bagi seluruh manusia. Tak lepas dari itu, para prajurit juga harus terjaga kondisinya demi menjalankan tugas menjaga keutuhan NKRI dan bisa selalu membanggakan tanah air tercinta," beber dia.


(M Abdul Rohman/CN40/SM Network)