• KANAL BERITA

BI Jateng Buka Pojok BI di Untidar

Permudah Akses Mahasiswa

BI CORNER: Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng, Hamid Ponco Wibowo (dua dari kiri) berbincang dengan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Drs Heri Suroso ST MT (dua dari kanan) dalam peresmian BI Corner di Perpustakaan Untidar. (Foto suaramerdeka.com/Asef Amani)
BI CORNER: Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng, Hamid Ponco Wibowo (dua dari kiri) berbincang dengan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Drs Heri Suroso ST MT (dua dari kanan) dalam peresmian BI Corner di Perpustakaan Untidar. (Foto suaramerdeka.com/Asef Amani)

MAGELANG, suaramerdeka.com – Bank Indonesia (BI) merasa penting untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat. Khususnya kalangan mahasiswa dan pelajar agar lebih banyak mengenal berbagai hal tentang BI dan keuangan negara.

Untuk itulah BI Perwakilan Jawa Tengah membuka Pojok BI (BI Corner) di Perpustakaan Universitas Tidar (Untidar). Mahasiswa Untidar dapat mengenal lebih dekat BI dengan mengunjungi Pojok BI ini setiap jam operasional perpustakaan.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng, Hamid Ponco Wibowo membuka resmi Pojok BI ini, Senin (5/11). Turut hadir Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Drs Heri Suroso ST MT, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaa dan Alumni, Dr Bambang Kuncoro MSc, dan Kepala Perpustakaan Untidar, Dr Sri Haryati MPd.

Hamid mengatakan, Pojok BI ini sebagai upaya pengenalan BI ke kalangan mahasiswa secara lebih mendalam. Pojok BI juga seiring dengan adanya program Indonesia Cerdas dengan menyasar segmen mahasiswa dan pelajar.

“BI Corner di Untidar ini yang ke-13 di Jawa Tengah. Sebelumnya sudah ada di beberapa universitas dan akan terus kami tambah. Tidak hanya kampus, tapi juga sekolah menengah atas (SMA) dengan tujuan agar mereka lebih mengenal BI,” ujarnya di sela peresmian.

Dia menuturkan, program BI Corner ini baru berjalan tiga tahun. Setiap titik terdapat sekitar 315 eksemplar buku seputar BI dan buku-buku keuangan yang tidak beredar di perpustakaan umum. Dilengkapi pula meja, kursi, komputer, tanaman hias, dan perlengkapan lainnya yang semua hibah dari BI.

“Ada kecenderungan mahasiswa sungkan masuk ke perpustakaan BI di Semarang. Maka, kami coba permudah dengan BI Corner ini. Bagi yang ingin ke perpustakaan BI di Semarang bisa mengakses dulu di BI Corner dan akan mudah masuk ke sananya,” katanya.

Program ini, katanya, tidak berhenti pada pembukaan saja. Tapi, program secara berkelanjutan dengan kegiatan-kegiatan BI lainnya. Seperti Bank Indonesia Mengajar berbentuk workshop dan bentuk-bentuk lainnya.

“Akan kami pantau terus perkembangannya ke depan. Mudah-mudahan Pojok BI ini mampu mendorong mahasiswa untuk belajar lebih tentang BI dan keuangan negara. Harapanya, ke depan ada alumni Untidar yang bisa masuk ke BI,” jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaa dan Alumni, Dr Bambang Kuncoro MSc mengaku, pihaknya menyambut positif adanya BI Corner ini. Menurutnya, kehadiran BI Corner sangat bermanfaat bagi mahasiswa baik jurusan ekonomi, keuangan, maupun jurusan lainnya.

“Mahasiswa bisa belajar banyak tentang BI dan keuangan di Pojok BI ini. Sebab, koleksinya ada yang tidak dimiliki perpustakaan umum. Kami harap memang ada perkembangan selanjutnya, sehingga kerja sama ini dapat terus memberi manfaat bagi mahasiswa,” ungkapnya. 


(Asef Amani/CN19/SM Network)