• KANAL BERITA

Tiga BUMN Ekspor Senilai US 5 Juta Dollar

Foto: suaramerdeka.com/Setiady Dwi
Foto: suaramerdeka.com/Setiady Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Meneg BUMN, Rini Soemarno melepas produk ekspor tiga BUMN masing-masing Bio Farma, Dahana, dan Pindad, Rabu (31/10) di Bandung. Nilai ekspornya sebesar US 5,2 juta Dollar.

Menurut dia, kegiatan tersebut semakin menunjukan kemampuan BUMN dalam meraih ceruk pasar di luar negeri. "Makanya kita dorong terus hilirisasi," tandasnya usai pelepasan di halaman PT Len Industri.

Untuk itu, dia berharap BUMN-BUMN lain bisa meningkatkan kapasitasnya terutama dalam inovasi termasuk memanfaatkan hasil riset dan pengembanganya termasuk memanfaatkannya untuk produk komersial.

"Ini pentingnya meningkatkan kemampuan industri sehingga kita bisa cepat mengganti barang impor, tapi sekaligus ekspor dengan harga kompetitif," tandasnya.

Dalam ekspor tersebut, Dahana mengekspor bahan peledak ke Australia sedangkan Pindad mengirimkan 7.300 butir munisi kaliber 7,62 x 51 mm dan explosives materials berupa TNT block 225 gram, 500 gram dan 130 gram sebanyak 4.030 unit ke Thailand.

Thailand merupakan pelanggan ekspor utama saat ini bagi Pindad sejak tahun 2006 untuk produk amunisi kaliber kecil.

Untuk Bio Farma, mereka mengekspor produk vaksinnya ke 4 negara. Tiga Tiga di antaranya adalah finished product vaksin Polio (bOPV-20 dosis) ke Pakistan dan Turki.

Kemudian vaksin Difteri Tetanus Pertusis (DTP) 10 dosis ke Honduras, Amerika Tengah. Selain itu, mereka juga ada pengiriman bulk, bahan setengah jadi atau intermediate product polio ke India.

“Jadi, total nilai ekspor vaksin yang dilepas adalah sebesar USD 5,18 juta atau sekitar 75 Miliar rupiah,” kata Dirut Bio Farma, M Rahman Roestan.


(Setiady Dwi/CN41/SM Network)