• KANAL BERITA

OSIS SMK Basada Gelar Aneka Lomba Peringati Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa

LOMBA MENGGAMBAR: Para siswa SMK Batik Sakti 2 (Basad) Kebumen mengikuti lomba menggambar tema nasionalisme dalam rangka memeringati Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa, Senin (29/10). (Foto suaramerdeka.com/Supriyanto)
LOMBA MENGGAMBAR: Para siswa SMK Batik Sakti 2 (Basad) Kebumen mengikuti lomba menggambar tema nasionalisme dalam rangka memeringati Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa, Senin (29/10). (Foto suaramerdeka.com/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Dalam rangka memeringati hari sumpah pemuda dan bulan bahasa, OSIS SMK Batik Sakti 2 (Basada) menggelar sejumlah lomba, Senin (29/10). Lomba terbagi menjadi dua kelompok yakni lomba pokok dan lomba yang bersifat hiburan.

Lomba pokok yang digelar meliputi lomba pidato bahasa Inggris, pidato bahasa Jawa, dakwah Islami, lomba baca puisi dan menggambar tema nasionalisme. Kemudian lomba hiburan yang menekankan kerjasama tim adalah lomba makan kerupuk, balap karung, estafet sarung dan estafet air.

Ketua OSIS SMK Batik Sakti 2 Kebumen Violyn Permata Alfikri didampingi Sekretaris Listiana Punjung Febrianti mengatakan, sejumlah lomba yang dilaksanakan untuk menjaring minat dan bakat para siswa dalam bidang yang dilombakan.

"Yang jelas, melalui aneka lomba ini diharapkan bisa menumbuhkan jiwa patriotisma dan nasionalisme di dalam diri para siswa," ujar Violyn Permata Alfikri kepada Suara Merdeka di sela-sela acara.

Bagi pelajar kelahiran Palembang itu, sumpah pemuda merupakan tekad para pemuda di masa lalu yang menggelorakan persatuan bangsa Indonesia yang berbeda-beda suku, ras dan  agama. Tugas pemuda sekarang ini adalah  menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak tetap utuh dan mengisinya dengan hal positif.

"Saya sih sedih kalau melihat di media sosial isinya saling hujat antara anak bangsa, termasuk ujaran kebencian," imbuh Violyn.

Semangat Pemuda

Waka Kesiswaan SMK Basada Sigit Untung H SPd sangat mendukung terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus OSIS usai upacara peringatan hari sumpah pemuda. Harapannya para pelajar, menyerap semangat sumpah pemuda dan menerapkannya di dalam kehidupan sekarang ini.

"Di tangan para pemuda saat ini, masa depan persatuan dan kesatuan bangsa ini diserahkan untuk dijaga agar tetap utuh," ujar Sigit Untung.

Dalam waktu dekat pihaknya menggelar pelatihan Patrolis Keamanan Sekolah PKS) atau Pasustrida (Pasukan Khusus Putri Basada). Pasukan khusus ini dibentuk untuk mengikuti lomba PBB, PKS, paskibra, dan petugas upacara.

Sejumlah prestasi diraih siswa SMK yang berada di Jalan Kusuma Nomor 71. Terbaru tim voli putri menyabet juara III dalam Ajang Olahraga Smanda Season 8. "Kami terus mendukung minat bakat siswa baik di bidang akademik maupun non akademik," tandasnya. (


(Supriyanto/CN19/SM Network)