• KANAL BERITA

Kemdikbud Kembali Gelar Festival Literasi Sekolah

Foto suaramerdeka.com/dok
Foto suaramerdeka.com/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali menyelenggarakan Festival Literasi Sekolah (FLS) pada 28-31 Oktober 2018. Kegiatan ini merupakan perayaan literasi yang mewadahi warga sekolah yaitu siswa, guru, kepala sekolah serta penggiat literasi.

"Selama empat hari kegiatan literasi ini akan diikuti partisipan dari berbagai unsur yaitu sekolah, direktorat teknis di lingkungan Ditjen Dikdasmen, unit utama Kemdikbud," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen), Hamid Muhammad di Jakarta, Jumat (26/10).

Hamid mengatakan bahwa ada tiga tujuan yang ingin dicapai selama pelaksanaan FLS. Pertama, menciptakan gerakan masif perayaan literasi dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca siswa pada level tertinggi.

"Kedua, menggugah kesadaran masyarakat bahwa literasi adalah bagian dari hidup keseharian. Ketiga, membangun pembelajaran sepanjang hayat," terangnya.

Melalui FLS, Kemdikbud ingin menggugah kesadaran masyarakat bahwa literasi adalah bagian dari hidup keseharian. Sebab, literasi bukan barang baru dan tidak eksklusif. Literasi tidak hanya untuk dirapatkan melainkan pula untuk dirayakan setiap hari.

"Karena itu, pada FLS tahun ini, kami mengangkat tema 'Literasi Membangun Pembelajaran Sepanjang Hayat'," jelasnya.

Hamid menjelaskan bahwa tema tersebut diangkat untuk mengingatkan kita semua untuk terus belajar. Ia berharap FLS mampu menjembatani relasi antara sekolah, masyarakat dan keluarga dalam sebuah gerakan bersama, yaitu gerakan literasi.

"Melalui gerakan bersama dan kolaborasi di antara para pemangku kepentingan literasi, diharapkan peradaban negeri ini menjadi lebih maju dan sejahtera," tambahnya. 


(Prajtna Lydiasari/CN19/SM Network)