• KANAL BERITA

PDAM Pasang 990 Sambungan Baru

Dirut PDAM Tirta Mulia, Aji Setia Budi, bersama tim survei melihat mata air Kebanggan Moga. (suaramerdeka.com/Saiful Bachri)
Dirut PDAM Tirta Mulia, Aji Setia Budi, bersama tim survei melihat mata air Kebanggan Moga. (suaramerdeka.com/Saiful Bachri)

PEMALANG, suaramerdeka.com – PDAM tahun ini akan memasang 990 sambungan baru untuk masyarakat di wilayah Kecamatan Ampelgading dan Petarukan, di wilayah utara rel kereta api. Khusus penyambungan di Petarukan akan dilayani berkesinambungan dari Desa Kendalsari, Karangasem, Petanjungan dan Serang.

Dirut PDAM Tirta Mulia Pemalang, Aji Setia Budi, melalui Kabag Hukum dan Humas, Ponco Adisuseno, dalam pemaparan pelaksanaan program 2018 dan 2019 Kamis (25/10). Di samping itu PDAM akan melayani penyambungan di Desa Sitemu, Kecamatan Taman.

''Sementara untuk Kecamatan Ampelgading penyambungan akan dilayani di Desa Belimbing, Ampelgading, Karangtengah, Banglarangan dan Losari,'' kata Ponco.

Penyambungan jaringan di dua kecamatan itu akan dilakukan dengan dana DAK PUPR 990 sambungan rumah (SR). Terutama untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah. Khusus untuk wilayah Kecamatan Ampelgading 750 sambungan SR. Sisanya di Desa Serang, Sitemu dan Petarukan.

Sementara untuk program 2019, PDAM akan meluncurkan kembali program hibah air minum Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Sedangkan wilayah sasaran masih di Kecamatan Petarukan dan Ampelgading. Jumlahnya di Petarukan 250 dan Ampelgading 500 sambungan.

Dengan berkembangnya jaringan transmisi air bersih itu maka perlu dibangun Instalasi Kantor Kecamatan (IKK). IKK akan mempermudah pelayanan masyarakat. Kini di Petarukan sedang dalam proses pekerjaan gedung IKK. Sedang di Ampelgading juga masih dalam proses.

Dengan tambahan dua IKK tersebut maka target 11 IKK di seluruh wilayah Kabupaten Pemalang akan terpenuhi pada 2020. Sesuai perintah Bupati Pemalang Junaedi, pada 2020 dari 14 kecamatan, IKK 11 kantor atau minimal 10 IKK.


(Saiful Bachri/CN40/SM Network)