• KANAL BERITA

Kadin Jateng Tekankan Sinergitas dengan Pemerintah

MEMANTAPKAN JARINGAN: Ketua Umum Kadin Jawa Tengah Kukrit SW melantik pengurus Kadin Pati periode 2018-2023 di ruang Pragola Setda Pati, kemarin. Dirinya berharap Kadin Pati bersinergi dengan pemerintah dan memantapkan jaringan. (Foto: suaramerdeka.com/M Noor Efendi)
MEMANTAPKAN JARINGAN: Ketua Umum Kadin Jawa Tengah Kukrit SW melantik pengurus Kadin Pati periode 2018-2023 di ruang Pragola Setda Pati, kemarin. Dirinya berharap Kadin Pati bersinergi dengan pemerintah dan memantapkan jaringan. (Foto: suaramerdeka.com/M Noor Efendi)

PATI, suaramerdeka.com - Ketua Umum Kadin Jawa Tengah Kukrit SW menyatakan, sinergitas dengan berbagai pihak, terlebih pemerintah daerah diperlukan untuk berkontribusi dalam kemajuan bersama. Itu harus sejalan dengan kepedulian terhadap dunia usaha.

Demikian disampaikannya dalam Pelantikan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pati Periode 2018-2023, kemarin. Acara yang digelar di ruang rapat Pragola Setda Pati itu dihadiri Bupati Haryanto bersama Wakil Bupati Saiful Arifin serta jajaran Forkompinda.

Sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pati Sugiyono dan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Pati Riyoso. Pimpinan Kadin daerah lain, seperti Kota Semarang dan Kabupaten Demak pun tampak hadir.

Kukrit mengemukakan, fungsi Kadin bukan sebatas promosi. Lebih dari itu, Kadin perlu berperan meningkatkan perekonomian melalui perdagangan dan investasi.

"Jika perdagangan dan investasi meningkat serta daya beli masyarakat meningkat, maka perekonomian daerah akan bergerak lebih maju," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, pengoptimalan peran Kadin saat ini sangat dibutuhkan. Mengingat, belakangan perekonomian di negeri ini tengah lesu.

Kendati demikian dia optimistis kondisi tersebut bakal segera berlalu. Karenanya, keselarasan Kadin dengan pemerintah di semua level harus lebih ditingkatkan.

"Ke depan ada rapat pimpinan nasional Kadin dan asosiasi usaha di Solo yang akan dihadiri presiden serta 10 menteri. Ada 3.000 pengusaha dari seluruh Indonesia yang akan hadir," katanya.  

Di tengah kondisi perekonomian yang melambat, menurutnya pelaku usaha memerlukan arahan dari pemegang kebijakan. Itu perlu disimak agar dapat melangkah bersama demi kemajuan.

"Pelaku usaha perlu guidance dan treatment apa dalam menghadapi kondisi saat ini. Sekaligus mengetahui arah kebijakan pemerintah ke depan untuk memperbaiki keadaan," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga berpesan agar Kadin Pati dapat menunjukkan eksistennya. Termasuk memperkuat jaringan (networking) karena Pati memiliki potensi besar. Mengingat, dalam delapan tahun terakhir, Kadin Pati dalam kondisi vakum.

Adapun Kadin Pati periode 2018-2023 dipimpin oleh Didik Supriyanto. Jajaran pengurus kali ini sebagian besar aktif dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Pati. Bupati Haryanto membuka lebar dukungan terhadap Kadin. Bahkan, pihaknya dengan tangan terbuka membantu keberadaan lembaga tersebut.

"Kadin merupakan mitra penting pemkab untuk ikut mendorong perkembangan usaha dan investasi di Pati. Kami selama ini telah memberi kemudahan untuk investasi," paparnya.

Selain memacu investasi, pemkab juga mendorong perkembangan UMKM. Menurutnya, kemajuan usaha dan UMKM dapat menekan angka pengangguran sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


(Moch Noor Efendi/CN41/SM Network)